Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok, Jokowi Resmikan Jembatan Kapuas Tayan

Kompas.com - 21/03/2016, 23:27 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan meresmikan Jembatan Kapuas Tayan sepanjang 1.650 meter di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Selasa (22/3/2016).

Kepala Satuan Kerja (Satker) Pelaksana Jembatan Tayan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Yudha Handita mengatakan, jembatan dengan nilai investasi Rp 1,028 triliun tersebut dalam kondisi siap untuk diresmikan.

Pihaknya telah melakukan uji coba dengan cara membuka jembatan untuk dapat dilintasi kendaraan sejak 19 Februari 2016.

“Kami telah lakukan open traffic bagi pengguna jalan, percobaan dilakukan selama dua minggu. Tidak ditemukan masalah, sehingga penggunaan jembatan kita lanjutkan hingga saat ini,” kata Yudha, dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Senin (21/3/2016).

Dalam rangka persiapan peresmian, Jembatan Kapuas Tayan ditutup sementara, sejak pukul 00.00 Wita, Senin (21/3/2016). Untuk dua hari ini, para pengendara yang akan melintas diminta menggunakan kapal ferry yang disediakan PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP).

Sebelum ada Jembatan Kapuas Tayan, penyeberangan untuk orang dan motor, mengunakan motor tambang (perahu klothok) dengan waktu tempuh lebih dari 10 menit ditambah waktu antrian. Sementara untuk roda empat atau truk menggunakan kapal ferry dengan waktu tempuh 20 menit ditambah waktu antrian.

Selain itu, para pengguna ferry harus membayar ongkos yang cukup mahal sekitar Rp 100.000-150.000 untuk satu kali penyeberangan. Sementara untuk truk bermuatan penuh bisa mencapai Rp 230.000 sekali menyeberang.

“Karena itu mereka terbantu sekali dengan adanya jembatan ini,” tuntas Yudha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com