Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertemuan Tingkat Tinggi "Asian Water Council" Digelar di Bali

Kompas.com - 21/03/2016, 13:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Asia kini memainkan peran penting dalam ekonomi dunia dengan populasi dan pertumbuhan penduduknya yang cepat.

Dalam rangka menjamin keberlangsungan pembangunan di Asia, pertemuan bertajuk Asian Water High Level Round Table (AWHot) digelar di Nusa Dua, Bali. Pertemuan ini dilakukan untuk membahas tantangan di bidang sumber daya air di kawasan Asia.

"Indonesia bisa membagi pengalaman dan masalah yang mungkin perlu untuk mendapat pemikiran dari negara-negara lain, yang punya pengalaman serupa," ujar Ketua Panitia Penyelenggara The 1st General Assembly Meeting of Asia Water Council (AWC) Agus Suprapto, di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jakarta, Senin (21/3/2016).

Agus melanjutkan, pertemuan ini juga menjadi wadah bagi para anggota AWC untuk menyampaikan pengelaman dalam mengelola sumber daya air. Dengan berbagi pengalaman, pertemuan ini diharapkan bisa menjadi pembelajaran oleh negara-negara lainnya di Asia.

Menurut dia, AWC dibutuhkan karena negara-negara Asia tidak menghadapi masalah-masalah serupa seperti di Eropa atau Amerika. Untuk itu, AWC fokus bagi negara-negara Asia untuk berbagi pengalaman dan mencari solusi masing-masing negara.

Pertemuan AWHot telah berlangsung sebanyak 4 kali sejak bulan Juni 2014. Kesepakatan yang dihasilkan adalah membentuk Asia Water Council (AWC) sebuah entitas yang lebih berpengaruh dalam mengatasi masalah air di Asia.

Indonesia dipilih menjadi tuan rumah pertemuan pertama Asia Water Council (The lSI General Assembly for Asia Water Council) yang juga berlangsung di Bali, pada 24-26 Maret 2016.

Hasil dari kegiatan ini adalah rencana masa depan AWC, memilih Presiden dan Wakil Presiden AWC, memilih Ketua, Wakil Ketua dan Koordinator untuk masing-masing 7 Komite Khusus, dan menyetujui Konstitusi AWC.

Selain itu juga menyetujui proyek pengelolaan sumber daya air dan PFI (prioritas untuk implementasi), membahas tentang perencanaan Asia Water Week International yang pertama dan memilih negara yang akan menjadi tuan rumah pada kegiatan tersebut.

Pertemuan AWC rencananya membahas tiga isu utama terkait siklus air yaitu:

1. Penggunaan air untuk semua aspek (Water Usage for all aspect)
2. Perlindungan lingkungan hidup (Natural Environment Protection)
3. Mitigasi bencana alam (Natural Hazard Mitigation)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com