Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai April, Tarif Tol Cipali Dikorting 30 Persen

Kompas.com - 16/03/2016, 22:48 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Lintas Marga Sedaya (LMS) selaku pengelola Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) berencana memberikan diskon hingga 30 persen bagi golongan II hingga V dalam waktu dekat.

Diskon itu diberikan sebagai upaya memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pengemudi kendaraan golongan II-V. Selain itu, diskon ini diharapkan mampu mendukung pertumbuhan bisnis logistik terutama di daerah-daerah yang dihubungkan oleh Tol Cipali.

“Program ini merupakan inisiatif dan peran aktif LMS dalam meningkatkan layanan kepada pengguna jalan tol, terutama kendaraan Golongan II–V. Program ini diharapkan dapat ikut mendorong peningkatan arus logistik antar daerah, yang akan berkontribusi positif pada pertumbuhan ekonomi lokal," kata Wakil Direktur Utama LMS, Hudaya Arryanto, dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (16/3/2016).

Program diskon ini mulai diberlakukan pada April 2016. Hudaya berharap semakin banyak pengendara truk yang dapat mengakses dan merasakan manfaat Tol Cipali.

Bila dibandingkan dengan jalur Pantura, penggunaan Jalan Tol Cipali mampu memangkas jarak tempuh hingga 40 Kilometer dan waktu tempuh 1,5 jam hingga 2 jam sekali jalan.

Selain efisiensi waktu, penggunaan jalur tol Cipali juga akan mengurangi biaya bahan bakar dan menekan biaya perawatan (maintenance). Hal itu disebabkan karena kendaraan di tol akan mencapai kecepatan yang optimal dan konstan.

Efisiensi waktu dan jarak tempuh juga berpotensi meningkatkan efisiensi pengangkutan barang sehingga akan mendorong peningkatan ritase truk.

“Hal ini akan berdampak positif pada peningkatan produktifitas dan optimalisasi bisnis para pengusaha truk,” tambah Hudaya.  

Selain program diskon, LMS juga berencana menawarkan kerjasama strategis kepada pengusaha logistik dan truk untuk optimalisasi manfaat jalur Tol Cipali.

Melalui kerjasama tersebut, perusahaan logistik akan mendapatkan sejumlah keuntungan dari Tol Cipali. Rencana kerjasama tersebut diakui Hudaya merupakan komitmen LMS untuk mengoptimalisasi manfaat Tol Cipali.

"Hal ini sejalan dengan tujuan dibangunnya Tol Cipali yang diharapkan menjadi salah satu solusi strategis dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan sosial, baik lokal maupun nasional, khususnya untuk industri logistik, pariwisata dan properti," sambung Hudaya.

Jalan Tol Cipali sepanjang 116,75 kilometer ini diresmikan oleh Presiden Jokowi bulan Juni 2015 lalu dan merupakan jalan tol terpanjang di Indonesia.

Jalan tol ini menghubungkan Jalan Tol Palimanan-Kanci. Tol Cipali juga menjadi bagian dari Jalan Tol Trans Jawa yang menghubungkan Merak, Banten hingga Banyuwangi, Jawa Timur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com