Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Ada Bantuan Dana PNS, Segeralah Beli Rumah!

Kompas.com - 15/03/2016, 19:39 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan Pegawai Negeri Sipil (Bapertarum-PNS) berencana meningkatkan jumlah PNS yang bisa diberikan pelayanan fasilitas kepemilikan rumah dalam rencana kerjanya tahun ini.

"Rencana kerja kita tahun ini menargetkan 15.000 PNS untuk dapat fasilitas perumahan dari Bapertarum-PNS," ucap Direktur Utama (Dirut) Pelaksanaan Settap Bapertarum-PNS, Heroe Sulistiawan, selepas sidang anggota Bapertarum-PNS, di Kementerian PUPR, Selasa (15/3/2016).

Jumlah tersebut meningkat lima kali lipat dari tahun 2015 yang hanya sekitar 3.000 PNS. Saat ini, menurut data Bapertarum-PNS ada 964.463 PNS yang belum punya rumah dengan 756.691 PNS berhak mendapatkan fasilitas perumahan dari Bapertarum-PNS dan sisanya sebanyak 207.872 PNS belum dan tidak berhak mendapatkan fasilitas perumahan.

Dari jumlah yang berhak, 694.999 merupakan PNS golongan 1-3 dan sisanya 61.592 adalah PNS golongan empat.

"Adapun untuk yang tidak atau belum berhak adalah 199.255 PNS karena masa kerjanya masih kurang dari lima tahun dan 8.617 merupakan TNI/Polri yang menjadi tanggung jawab Asuransi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Asabri)," jelas Heroe.

Kendati hanya menargetkan 15.000 PNS, Heroe mengakui bahwa Bapertarum-PNS bisa mengajukan penambahan kuota ke sidang anggota.

Untuk tahun ini, secara hitung-hitungan, Bapertarum-PNS menyediakan arus kas sampai dengan 100.000 PNS. Dananya mencapai Rp 400 miliar untuk menunjang perumahan PNS.

"Secara keuangan Bapertarum-PNS tidak ada masalah dan dari sisi cash flow, kalau kita hitung, kita 100.000 PNS pun kita gak ada masalah," sambungnya.

Target Bapertarum-PNS tahun ini bisa dibilang cukup besar ketimbang target-target mereka pada masa lalu.

Heroe menyebutkan sebelum 2013, maksimum 2.000 PNS yang mendapat fasilitas perumahan. Tahun 2014-2015 naik hampir dua kali lipat.

"Berarti kita punya effort untuk rumah. Jadi ini yang tadi kita sampaikan dalam rapat anggota, kita kerjanya nggak cuma mengumpulkan uang aja tapu bagaimana mendorong perumahan PNS," cetus Heroe.

Oleh karena itu, Heroe mengingatkan para PNS untuk segera mengambil keputusan membeli rumah selama masih ada bantuan dari Bapertarum-PNS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com