Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IKEA Beli Produk Indonesia dan Disebar ke Seluruh Dunia

Kompas.com - 12/03/2016, 16:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan ritel perabot rumah tangga dari Swedia, IKEA, sudah membeli produk-produk Indonesia sejak 1992. Produk ini dipasarkan kembali di toko-toko IKEA yang tersebar di seluruh dunia.

Menurut Transport Manager South East Asia/ Australia at IKEA Mark Dowd, hingga saat ini IKEA masih membeli produk Indonesia karena dianggap sesuai kebutuhan manufaktur.

"Kami melihat diferensiasi dari bahan baku dan teknik, produk Indonesia cukup unik. Salah satunya karena dibuat secara manual (hand-made)," ujar Mark, di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Jumat (11/3/2016).

Sebelum memutuskan Indonesia sebagai salah satu pemasoknya, peritel yang telah membuka toko di Alam Sutera, Tangerang ini, memperhatikan spesifikasi desain produk.

Beruntung, produk-produk Indonesia cukup unik untuk dijual di IKEA. Karena produknya unik, lanjut dia, segmentasi pembeli juga sangat besar.

Selain itu, untuk membantu Indonesia agar terus tumbuh, IKEA juga secara konsisten membeli produknya. Hal ini merupakan kesempatan bisnis yang sangat baik bagi Indonesia.

Mark menambahkan, karena memiliki banyak toko di dunia, IKEA sangat selektif dalam memilih produk. Indonesia, tambah dia, adalah salah satu pemasok perabotan rumah tangga yang sesuai dengan kriteria IKEA.

Aspek yang tidak kalah penting selain keunikan itu sendiri adalah produk Indonesia juga berkelanjutan (sustainable).

Berdasarkan hal-hal tersebut, Mark mengatakan, pembeli di seluruh dunia merespon positif terhadap produk buatan Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com