Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Apartemen Tipe Studio di Singapura Rp 13,05 Miliar!

Kompas.com - 11/03/2016, 22:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

KOMPAS.com - Laporan Kekayaan Knight Frank 2016 menyatakan, Singapura merupakan tempat termahal ketujuh di dunia untuk kategori properti mewah.

Dengan uang sebesar 1 juta dollar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 13,05 miliar, Anda hanya mendapatkan hunian seluas 42 meter persegi atau setara dengan apartemen tipe studio.

Posisi Singapura tersebut turun dua peringkat dari tahun lalu akibat adanya penurunan harga properti.

Menurut laporan dari Prime International Residential Index, properti mewah di Singapura turun 2,1 persen pada 2015, sedangkan tahun ini Knight Frank memperkirakan penurunan lebih besar hingga 3,3 persen.

"Harga properti mewah di Singapura terus turun dalam beberapa tahun. Hal itu disebabkan perlambatan ekonomi, naiknya suku bunga, dan kebijakan pemerintah," kata Direktur Eksekutif dan Kepala Residensial untuk Knight Frank Singapura, Tay Kay Poh.

Dalam laporan itu, Singapura merupakan negara nomor dua Asia, di belakang Hong Kong yang memiliki paling banyak individu super kaya.

Pada 2015, terdapat 2.360 individu ultrakaya di Singapura dan diperkirakan akan terus tumbuh hingga 48 persen dalam 10 tahun mendatang.

"Lingkungan usaha yang kondusif, kerangka peraturan yang jelas, dan ekosistem progresif jasa keuangan serta bisnis kemudian diperkuat dengan banyaknya status orang kaya membuat Asia tepat sebagai lokasi pilihan untuk hidup dan melakukan bisnis," kata Kepala Penelitian di Knight Frank Singapura, Alice Tan.

Investasi properti masih menjadi favorit alokasi aset bagi orang-orang super kaya tersebut. Hal itu terbukti dari 79 persen pelaku survei akan berinvestasi pada perumahan di Singapura dan Inggris.

Laporan Knight Frank juga menyebutkan tiga kekhawatiran utama kalangan orang super kaya di Singapura adalah suksesi atau masalah warisan, situasi ekonomi global, dan volatilitas pasar saham.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com