Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Mengecat Rumah dengan Sempurna

Kompas.com - 11/03/2016, 14:59 WIB

KOMPAS.com - Anda tak perlu lagi menebak, dan mengira warna yang cocok untuk ruangan rumah jika mengetahui triknya.

Mengecat kamar misalnya. Ruangan ini adalah yang paling intim dan pribadi, jadi perlu warna yang sesuai dengan kepribadian.

Berikut ini beberapa tips yang bisa mengurangi risiko gagal saat memilih warna cat untuk kamar tidur.

Pertama, belilah cat yang berkualitas. Cat yang berkualitas biasanya memiliki standar ketat dan petunjuk yang jelas tentang cara penggunaannya.

Seringkali justru cat-cat seperti ini memiliki program khusus misalnya bekerjasama dengan majalah untuk mengeluarkan paduan warna yang memudahkan konsumen memilih warna sesuai keinginan. 

Kedua, persiapan. Ini adalah faktor utama pengecatan yang sempurna. Kurangnya persiapan justru membuat Anda mengalami kerugian yang banyak.

Aplikasi warna pada dinding misalnya, bisa lebih presisi jika kita memiliki gambar desain atau skema warna yang sudah dipersiapkan.

shutterstock Ilustrasi
Ketiga, singkirkan barang-barang yang tidak perlu, seperti paku atau bekas isolasi yang masih menempel pada dinding.

Pengecatan juga bisa lebih sempurna jika dinding lebih rata. Untuk itu tutuplah lubang atau coakan dengan dempul atau dengan semen hingga kering sebelum melakukan pengecatan.

Jika ruangan memiliki dua warna yang beda, gunakan isolasi untuk alat bantu penutup pada batas warnanya. Isolasi membuat sambungan warna lebih rata dan terlihat cantik. Lepas isolasi setelah cat kering.

Keempat, cat dinding dengan menggunakan roll. Gunakan pola pengecatan dengan rol seperti huruf ”W’S”, atau ”M’S”. Selalu lakukan pengecatan dari sisi dinding yang telah kering untuk mencegah pola roller yang tersisa pada dinding.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber IDEA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com