Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tunjungan Plaza dan Grand City, Mal Termahal di Jawa Timur

Kompas.com - 08/03/2016, 19:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Tahukah Anda, pusat belanja dengan harga sewa termahal di Surabaya, sekaligus Jawa Timur adalah Tunjungan Plaza dan Grand City.

Tunjungan Plaza merupakan aset properti berkelanjutan yang dimiliki oleh PT Pakuwon Jati Tbk, sedangkan Grand City dikembangkan dan dimiliki oleh Central Cipta Murdaya Group.

Keduanya, menurut hasil riset Colliers International Indonesia yang diterima Kompas.com, Selasa (8/3/2016), mencatat harga sewa rerata Rp 569.541 per meter persgei per bulan dengan biaya servis atau service charge Rp 108.747 per meter persegi per bulan.

"Biaya servis tersebut terus meningkat secara tahunan. Tahun 2015 lalu lebih tinggi ketimbang 2014," tulis Colliers.

Harga tertinggi tersebut dipengaruhi tingkat hunian yang berada di atas level rerata yakni lebih dari 84 persen. Selain itu, keduanya termasuk dalam kategori pusat belanja kelas menengah atas.

Di Tunjungan Plaza contohnya, bercokol peritel-peritel asing macam Sogo, Hero, Celebrity Fitness, Bally, Polo, dan Pierre Cardin.

Sementara di Grand City terdapat Marks & Spencer, Condotti, Fossil, Masari, Tag Heuer, dan The Grand Palace Department Store. 

Secara umum, pasar ritel Surabaya akan bertambah pasoknya seluas 390.000 meter persegi hingga 2018 mendatang. Jumlah ini 18,4 persen lebih rendah dibanding pasokan yang masuk pasar pada 2014 silam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com