Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilih SOHO atau Kondotel?

Kompas.com - 07/03/2016, 16:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ibarat jodoh, memilih properti sebagai instrumen investasi sekaligus tempat tinggal butuh perhitungan matang, selera, dan juga intuisi. 

CEO Leads Property Indonesia Hendra Hartono menggambarkan, properti yang paling menarik baik secara fisik (lokasi strategis, kualitas bangunan nomor wahid, dan desain atraktif) maupun pengelolaan dan potensi investasi, pasti banyak yang melirik.

"Mereka akan diburu. Properti seperti ini punya nilai jual tinggi dan potensial untuk terus tumbuh karena memberikan keuntungan. Namun jangan salah pilih, membeli properti yang mana yang lebih menarik," tutur Hendra kepada Kompas.com, pekan lalu.

Nah, sejalan kembali populernya konsep properti small office home office (SOHO) yang digemakan PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN), Hendra menilai sebagai tambahan pilihan bagi konsumen dan investor properti.

Namun, bila harus dihadapkan pada dua pilihan, SOHO dan kondominium hotel (kondotel) yang bersifat sama yakni sebagai hunian juga tempat bisnis, Hendra menyarankan untuk memilih SOHO.

Menurutnya, meski tidak banyak pasokan, SOHO sudah mulai diterima masyarakat Indonesia dan "hidup" di area yang padat aktivitas bisnis dan komersial. Ini lantaran SOHO pada dasarnya merupakan ruko yang dijadikan high rise building

SOHO juga sesuai untuk para pebisnis pemula, atau perusahaan rintisan (start up company) yang jumlahnya terus meningkat dari tahun ke tahun.

Mengutip dailysocial.net , terdapat 1.500 start up lokal dengan nilai bisnis mencapai 13 miliar dollar AS atau sekitar Rp 175 triliun pada 2015. Pemerintah menargetkan potensi itu meningkat menjadi 130 miliar dollar AS (Rp 1.750 triliun) pada 2020 mendatang.

Angka tersebut merupakan potensi kebutuhan yang menarik jadi bahan pertimbangan pengembang dan investor untuk membangun SOHO. 

(Baca: Tuntaskan Proyek SOHO, APLN Bidik Pebisnis Pemula)

Harus strategis

Hendra memaparkan, konsep properti SOHO perdana di Indonesia dikembangkan PT Duta Anggada Realty Tbk melalui proyek Citiloft pada medio 1997-1999. Serapannya cukup tinggi. 

Meskipun tingkat serapan cukup tinggi, namun saat itu tidak banyak pengembang yang teratrik membangun SOHO. Terlebih saat itu krisis multidimensi tengah melanda Indonesia dan juga negara-negara Asia lainnya.

Dok Mitraland Proyek kondotel Central Promenade di Padang, Sumatera Barat.
Satu yang pasti, jika ingin membangun SOHO, Hendra menyarankan untuk memilih lokasi yang strategis di pusat kota yang dikelilingi properti-properti komersial.

"Selain itu, karena sifatnya fleksibel, bisa untuk hunian dan juga kantor, SOHO akan menarik kalangan muda tadi yang tengah getol membangun start up," sebut Hendra.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com