Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemudik Lebaran 2016 Bisa Lewat Ruas Tol Trans Jawa Berikut Ini...

Kompas.com - 05/03/2016, 14:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengerjaan Jalan Tol Trans Jawa terus dikebut guna bisa digunakan saat musim mudik Lebaran 2016. Tahun ini rencananya akan ada beberapa jalan ruas dalam Jaringan Tol Trans Jawa yang bisa digunakan oleh pemudik.

"Ada beberapa segmen jalan tol yang bisa fungsional saat lebaran nanti," ucap Direktur Jenderal Jalan Bebas Hambatan, Perkotaan dan Fasilitasi Jalan Daerah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Hari Suko, di Jakarta, Jumat (4/3/2016).

Jalan Tol Trans Jawa terdiri dari tujuh ruas dengan total panjang mencapai 498,23 kilometer. Total biaya investasi yang dibutuhkan untuk membangun ketujuh ruas itu adalah Rp 40,37 triliun.

Biaya pembebasan tanah langsung dibebankan kepada Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) sebesar Rp 8,29 triliun. Sementara untuk biaya konstruksinya, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) memperkirakan butuh biaya hingga Rp 22,57 triliun.

Tahun ini ada beberapa ruas Jalan Tol Trans Jawa yang dibangun oleh pemerintah dan swasta. Ruas Jalan Tol Trans Jawa yang akan dibangun pemerintah tahun ini adalah seksi III Semarang-Solo sepanjang 2 kilometer dan seksi I Solo-Ngawi sepanjang 6,7 kilometer dari total 20,9 kilometer.

Sementara itu pihak swasta bertanggung jawab membangun seksi I dan II ruas Tol Pejagan-Pemalang sepanjang 20,20 kilometer, dan seksi II Solo-Ngawi 0,87 kilometer.

Menyusul seksi II, III, dan IV Kertosono-Mojokerto sepanjang 26,09 kilometer, dan seksi IA, IB, II, III, dan IV ruas Tol Mojokerto-Surabaya sepanjang 34,38 kilometer.

Berdasarkan data Balai Besar Jalan Nasional (BBJN) III Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, setidaknya akan ada 82,76 kilometer jalan tol baru yang mampu fungsional saat mudik Lebaran nanti.

"Fungsional itu artinya bisa dilalui meskipun masih struktur dasar. Tapi diharapkan bisa membantu para pemudik," ujar Hari.

Adapun beberapa jalan tol yang bisa fungsional digunakan adalah 18 kilometer di Ruas Surabaya-Mojokerto dari total 37,97 kilometer pada Ruas Tol Surabaya-Mojokerto, 5 kilometer di Ruas Kertosono-Mojokerto dari total 40,5 kilometer, dan 26,9 kilometer di Seksi I dan II Pejagan-Pemalang dari total 75,88 kilometer di Ruas Pejagan-Pemalang.

Berikutnya yakni 17 kilometer di seksi Bawean-Salatiga dari total 75,88 kilometer di Ruas Semarang-Solo, 15 kiometer di Ruas Karanganyar-Sragen dari total 178,65 kilometer yang terdapat di Ruas Semarang-Solo, dan 0,86 kilometer Ruas Kertosono-Karanganyar dari total 0,86 kilometer di Ruas Solo-Kertosono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com