Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Menjadikan Rumah Surga Penghilang Stres

Kompas.com - 05/03/2016, 11:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

KOMPAS.com - Rumah kerap dianggap sebagai tempat di mana hati harusnya berada dan biasanya rumah menjadi tempat yang paling Anda cintai. Tapi bagaimana halnya jika rumah malah menjadi tempat yang membuat Anda stres?

Berikut ini merupakan lima cara untuk membuat rumah Anda layaknya surga pengurang bahkan penghilang rasa stres.

1. Rapikan Ruangan dalam Rumah Anda

Untuk memastikan supaya Anda tidak stres, bisa memulai dengan merapikan barang-barang sehari-hari di dalam rumah. Mulailah dengan salah satu ruangan paling spesifik.

Cara lainnya dalam merapikan ruangan adalah dengan membuat sebuah tempat untuk meletakkan barang-barang yang sering Anda butuhkan. Selain rapi, hal itu juga memberikan kemudahan ketika Anda mencari barang tersebut.

2. Bersihkan Udara di dalam Lingkungan Rumah

Gunakan alat pembersih untuk mengeliminasi racun-racun yang berada di dalam rumah. Rumah Anda merupakan salah satu tempat penuh racun terutama dari bahan kimia rumah tangga.

Anda bisa menggunakan penyaring udara kualitas tinggi baik untuk pemanas atau penyejuk yang juga secara langsung bisa membentuk toleransi racun di dalam rumah Anda.

3. Tetap Menanam Tanaman

Penelitian membuktikan, memenuhi rumah Anda dengan tanaman bisa mengurangi stres. Jika tak memiliki banyak waktu mengurus tanaman, Anda bisa menanam tanaman yang mampu hidup dengan sedikit perawatan seperti succulents.

Setelah itu Anda bisa seimbangkan keberadaan succulents dengan warna, pola, dan tekstur lainnya. Selain mengurangi stres, tanaman juga berperan dalam menciptakan udara bersih dan membuang racun di udara.

4. Buat Sebuah Ruang Khusus untuk Memberikan Kedamaian

Di dalam sebuah rumah pasti terdapat satu spot atau ruangan yang membuat Anda nyaman, santai, dan merasa penuh kedamaian.

Jika itu ada, maka Anda mesti mengembangkannya sehingga tak perlu lagi berlibur hanya untuk sekadar mencari kedamaian dan kebahagiaan.

5. Gunakan Penerangan yang Baik

Lampu atau pencahaayan sering terlalu redup dan terlalu terang. Kunci dari pencahayaan ini adalah membuat Anda ketika di dalam rumah masih tetap merasa hangat.

Biasanya hal itu dilakukan dengan menggunakan lampu halogen. Meski begitu, pencahayaan alami merupakan pusat energi terbaik di bumi.

Namun sayangnya itu tidak akan begitu memengaruhi bagi Anda yang memiliki rumah dengan jendela jauh dari sinar matahari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com