Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Perkembangan Jalan Tol Solo-Kertosono

Kompas.com - 05/03/2016, 02:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - Proses pembangunan Jalan Tol Solo-Kertosono terus berlanjut. Tol ini terdiri dari dua ruas, yaitu Tol Solo-Ngawi dan Ngawi-Kertosono.

"Pembangunan fisik Tol Solo-Kertosono jalan terus, hampir 30 persen. Sepanjang 20 kilometer pertama sudah 90 persen," ujar Direktur Jenderal Bina Marga Hediyanto Husaini saat peninjauan proyek Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, Sumatera Utara, Selasa (1/3/2016).

Rincian dari proses pembangunan ini adalah Seksi Solo-Sragen yang dikerjakan oleh pemerintah sudah 95 persen. Sementara bagian yang dikerjakan PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebanyak 30 persen dari total panjang 90 kilometer.

Adapun untuk bagian yang dibiayai China dengan total 39 kilometer, baru mulai dikerjakan. Dalam pembangunan ini, Hediyanto mengaku lahan belum bebas sepenuhnya.

Jalan Tol Solo-Kertosono merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans-Jawa yang mempunyai peranan penting dalam menjalankan roda perekonomian sekaligus menghubungkan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Konstruksi Jalan Tol Ruas Solo-Ngawi adalah sepanjang 20,9 kilometer pada (Seksi Colomadu-Karanganyar). Sementara Jalan Tol Ruas Ngawi-Kertosono (Seksi Saradan-Kertosono) adalah sepanjang 37,5 kilometer.

BUMN yang menggarap konstruksi dan operasi jalan tol tersebut adalah PT Jasa Marga (Persero) Tbk dengan porsi 60 persen dan PT Waskita Karya (Persero) Tbk. sebesar 40 persen.

Sebelumnya, saham proyek tersebut dimiliki oleh PT Thies Contractor Indonesia (TCI). Jasa Marga sendiri membenamkan investasi sekitar Rp 15,18 triliun.

Dana sebesar itu, untuk membiayai pembangunan tol sepanjang 250 kilometer, yang terdiri dari Jalan Tol Semarang-Solo, Jalan Tol Solo-Ngawi dan Jalan Tol Ngawi-Kertosono.

Khusus Jalan Tol Solo-Ngawi-Kertosono dana yang dibenamkan senilai Rp 8,97 triliun untuk jalan sepanjang 177,12 kilometer. Tol ini ditargetkan beroperasi pada awal tahun 2018.

Berikut foto progres konstruksi Jalan Tol Solo-Kertosono:

Dok. Waskita Karya Progress pembangunan Solo-Kertosono pada 17 Desember 2016.

Dok. Waskita Karya Progress pembangunan Jalan Tol Solo-Kertosono pada 17 Desember 2016.

Dok. Waskita Karya Progress pembangunan Tol Solo-Kertosono pada 17 Desember 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com