Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tantangan Bangun Trans Papua, Pekerja Diculik dan Medan Sangat Berat

Kompas.com - 03/03/2016, 14:30 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - Pembangunan proyek Jalan Trans Papua mengalami berbagai hambatan dan tantangan. Selama proses pembangunan, sempat ada kasus pekerja diculik oleh orang-orang yang terlibat konflik di Papua.

"Ada masalah keamanan. Terutama daerah-daerah konflik yang agak tinggi intensitasnya, kita (pemerintah) menghadapi berbagai penculikkan," buka Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hediyanto W Husaini saat peninjauan proyek Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, Sumatera Utara, Selasa (1/3/2016).

Hediyanto mengisahkan, para pekerja beberapa kali disandera dan para penyandera meminta tebusan kepada pemerintah dengan biaya cukup tinggi. Pada satu kasus penculikan yang mengorbankan 4-5 pekerja, tebusan yang diminta pelaku sbisa mencapai Rp 1 miliar.

Namun, Hediyanto menolak menyebutkan berapa kali kasus penculikan ini terjadi dan besaran jumlah biaya yang sudah dikeluarkan pemerintah untuk menebus pekerja.

Selain penculikan pekerja, mobilisasi alat berat juga menjadi tantangan. Namun, Hediyanto mengatakan, alat berat ini diperuntukan khusus untuk proyek di Papua dan ia tidak mengharapkan alat itu dikembalikan ke pusat.

Dia menuturkan, harga sebuah ekskavator saja bisa menembus angka Rp 1 miliar. Untuk bisa dikirimkan ke lokasi proyek yang biasanya berada di daerah pegunungan, alat berat ini harus dibongkar terlebih dahulu.

Setelah dibongkar, alat berat baru bisa dimobilisasi menggunakan helikopter. Kemudian, saat sampai di lokasi, alat berat ini perlu dirakit kembali. Total biaya angkut alat berat sendiri bisa mencapai Rp 2 miliar.

"Sampai hancur saja alat di Papua itu, karena tidak mungkin diturunkan lagi. Menurunkan lagi, lebih mahal dibanding harga alatnya. Mending beli baru alatnya," sebut Hediyanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com