Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bakal Diperpanjang Sampai Surabaya

Kompas.com - 26/02/2016, 11:07 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

CIREBON, KOMPAS.com - Pemerintah, melalui Kementerian Perhubungan, menilai kereta cepat memiliki kelayakan secara ekonomi. Pasalnya, kereta ini tidak hanya akan dibangun dengan trayek Jakarta-Bandung melainkan Jakarta-Surabaya.

"Kereta cepat ini bukan Jakarta-Bandung saja, tetapi Jakarta-Surabaya dengan pembangunan tahap satu Jakarta-Bandung," ujar Kasubdit Audit dan Peningkatan Keselamatan Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Heru Wisnu Wibowo di Cirebon, Rabu (24/2/2016).

Heru juga mengatakan, jika ditanya soal kelayakan, kereta api memang memiliki kekhususan, yaitu bisa menembus ke dalam kota. Biasanya, stasiun dibangun di dalam kota.

Ia mencontohkan, penumpang yang ingin bepergian ke Surabaya dari Jakarta cenderung sulit jika harus menggunakan pesawat. Penumpang harus ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng terlebih dahulu yang membutuhkan waktu 3-4 jam.

Belum lagi, saat sudah sampai di Bandara Internasional Juanda Surabaya, penumpang harus menuju ke kota tujuan yang juga membutuhkan waktu tambahan.

"Kalau naik kereta cepat Jakarta-Surabaya yang lewat Bandung, akan lebih mudah karena di Surabaya stasiunnya diambil tepat yang strategis di dalam kota," jelas Heru.

Ia menambakan, begitu pula dengan stasiun di Jakarta yang dimulai dari Halim Perdanakusuma. Lokasi stasiun ini dekat dengan persimpangan Cawang, yang banyak dilewati oleh penduduk mulai dari Bogor, hingga Bekasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com