Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diam-diam, Pengembang China Kuasai Lahan 200 Hektar

Kompas.com - 18/02/2016, 09:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski baru menjalankan debutnya melalui proyek Kingland Avenue tahun ini, pengembang asal China, Kingland Group telah memiliki land bank seluas 200 hektar di Indonesia. 

Menurut Chief Marketing Officer Kingland Group, Jiko Tandijono, lahan tersebut tersebar di Cibubur, dan Cinere, serta beberapa kawasan lainnya di Jabodetabek. (Baca: Lagi, Pengembang China Adu Peruntungan di Indonesia)

"Itu merupakan cadangan lahan (land bank) kami untuk dikembangkan sebagai properti-properti dengan nilai investasi menarik," tutur Jiko kepada Kompas.com, Rabu (17/2/2016). 

Jiko menjelaskan, Kingland Group berencana memanfaatkan lahan seluas itu untuk dikembangkan sebagai town houses (rumah bandar), dan juga rumah vertikal. 

"Itu dengan catatan, jika proyek perdana Kingland Avenue Serpong sukses terjual. Jadi, kami akan fokus dahulu pada proyek ini sebelum membangun proyek berikutnya," imbuh Jiko. 

Kingland Avenue merupakan proyek apartemen di Serpong, Tangerang Selatan. Menempati area seluas 2,2 hektar, akan dikembangkan empat menara apartemen sebanyak 2.200 unit dan satu menara small office home office (SOHO).

Selama masa promosi, unit-unit apartemen ini dipatok dengan harga jual Rp 14,6 juta per meter persegi. 

Jika ukuran apartemen terkecilnya 41 meter persegi, maka konsumen harus merogoh kocek senilai Rp 600 jutaan, di luar PPN. 

Harga ini, kata Jiko, terbilang kompetitif. Pasalnya, pesaing mereka di kawasan yang sama membanderol harga jual mulai dari Rp 20 juta meter persegi hingga Rp 25 juta meter persegi.

Kingland Avenue akan dipasarkan secara resmi pada Mei 2016 dan dibangun pada kuartal pertama 2017.

"Targetnya, mulai 2019 akan diserahterimakan kepada konsumen. Saat itu, nilai proyek akan mencapai sekitar Rp 3 triliun," tandas Jiko seraya menambahkan dana internal perusahaan menjadi andalan dalam membangun proyek ini.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com