Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gedung Forbes Pertama di Dunia Dibangun di Manila

Kompas.com - 17/02/2016, 11:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

KOMPAS.com - Forbes Media Tower, sebuah usaha patungan antara Century Properties Group dan perusahaan raksasa Jepang, Mitsubishi Corp, akhirnya resmi dibangun setelah adanya groundbreaking di Makati, Manila, Filipina.

Gedung setinggi 35 lantai itu akan menjadi bangunan komersial pertama di dunia yang memiliki nama Forbes dan diperkirakan pembangunannya menghabiskan dana hingga 100 juta dollar Amerika Serikat (AS) atau senilai Rp 1,3 triliun.

Forbes Media Tower merupakan bagian dari rencana induk pembangunan proyek Century City dengan beberapa pengembangan merek dari Armani/Casa dan Trump Organization juga berada.

"Permintaan akan ruang bisnis di Makati selalu ada dan rasanya penting untuk menciptakan konsep kota baru dalam rangka mengakomodasi area tua yang cukup semrawut," bunyi pernyataan dari General Manager Mitsubishi Corp Cabang Manila, Yoshio Amano.

Dalam rilisnya, Forbes mengatakan bahwa Mitsubishi Corp akan memiliki 40 persen Forbes Media Tower, sedangkan mayoritas 60 persen dimiliki oleh perusahaan pengembangan Century City.

Pendanaannya berasal dari dua perusahaan tersebut dan didukung oleh pinjaman dari Bank Philippines Isand. Forbes Media Tower sendiri merupakan proyek perkantoran pertama Mitsubishi Corp.

Forbes Media Tower direncanakan selesai pada 2019 dan dirancang untuk mengurusi bisnis global dan pemimpin dunia melalui penyediaan kantor premium dengan total luas area 95.000 meter persegi.

Butuh negosiasi beberapa tahun sebelum konstruksi proyek dimulai. Awalnya Forbes Media Tower ditargetkan selesai pada 2014, tetapi kesepakatan joint venture baru terjadi dan ditandatangani pada September 2015.

Sektor perkantoran Manila digambarkan sebagai titik terang dalam laporan terbaru World Office Yield Spectrum milik Savills.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com