Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Renovasi GBK Tuntas pada Juli 2017

Kompas.com - 11/02/2016, 09:57 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Renovasi 14 venue atau tempat pertandingan yang akan digunakan pada Asian Games ke-18, Agustus 2018 mendatang, diperkirakan selesai pada pertengahan 2017.

"Rencananya renovasi untuk beberapa venue akan kita selesaikan pada Juli 2017. Sekarang sudah menyusun desain. Kita sudah harus lelangkan konstruksinya pas Idul Fitri atau Juli 2016," jelas Direktur Bina Penataan Bangunan Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya Kementerian PUPR, Adjar Prajudi, di Jakarta, Rabu (10/2/2016).

Lebih lanjut, Adjar mengatakan bahwa masa konstruksinya akan berlangsung selama 13 bulan atau akan selesai pada Juli 2017. Untuk mencapai itu, Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya bekerja sama dengan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) baik dalam tahapan perencanaan, pengawasan berkala, perbaikan pasca-uji coba, hingga berakhirnya pelaksanaan Asian Games 18.

Ada dua skenario penanganan renovasi kompleks olahraga GBK. Pertama, adalah sistem kontrak konvensional, dan kedua, sistem kontrak design and build.

"Untuk sistem kontrak konvensional, sebelum kontrak dibuat dulu desain bangunannya baru setelah itu dibuat detail engineering-nya kemudian penyusunan dokumen kontrak baru dilelangkan pada Mei-Juni 2016," jelas Adjar.

Sementara untuk sistem kontrak design and building, menurut Adjar, hampir sama dengan sistem kontrak konvensional. Namun, bedanya pelelangan bukan pada konstruksinya, melainkan pada bentuk desainnya. Pelelangan itu akan dimulai dari Februari sampai April 2016.

Adapun sistem kontrak konvensional akan diterapkan pada komponen bangunan venue, seperti Stadion Tenis Indoor dan Outdoor, Stadion Madya, Gedung Basket, Gedung Latihan Bulu Tangkis, Gedung Bola Voli, Lapangan Hockey, Lapangan Panahan, Lapangan Sepakbola A, Penataan Lingkungan Kompleks GBK, dan Penataan Lingkungan Kawasan Kampung Atlet Kemayoran.

Sementara itu, untuk sistem kontrak design and build akan digunakan pada venue-venue seperti Stadion Utama GBK, Stadion Renang, Istora Senayan, serta Lapangan Softball Pintu I dan II.

Untuk mendapat gambaran utuh Rehabilitasi Kompleks GBK Senayan, Anda bisa mengklik grafis di bawah ini:

Renovasi Gelora Bung Karno Senayan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com