Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/02/2016, 21:11 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

Sumber CNN

KOMPAS.com - Secara teori, bandara dan bioskop dapat saling melengkapi satu sama lain. Permintaan akan bandara yang memiliki fasilitas hiburan di dalamnya semakin lama semakin tinggi.

Bioskop di dalam bandara rasanya bisa menjadi solusi bagi para penumpang yang menunggu waktu terbangnya.

Bandara Internasional Portland (PDX) di Amerika Serikat, misalnya, sebentar lagi akan memiliki fasilitas bioskop guna mengusir waktu percuma para penumpang yang sedang menunggu jadwal terbangnya. Bekerja sama dengan Teater Hollywood Portland, PDX bakal menciptakan bioskop bergaya vintage untuk para penumpang tersebut.

Namun, penumpang kemungkinan besar tidak bisa menyaksikan film-film blockbuster terbaru. Di sisi lain, bioskop yang akan dibuka pada musim panas 2016 itu secara khusus akan memutarkan film-film pendek karya pembuat film lokal Portland. Ide menampilkan budaya bernilai seni membuat kota itu dikenal banyak orang.

"Film-film yang ditayangkan di PDX akan mengenalkan para wisatawan ke berbagai macam perbedaan pengalaman penduduk Oregon dan menawarkan penampakan wilayah sekitarnya," kata juru bicara PDX, Kama Simonds.

Selama beberapa tahun ke belakang sudah banyak bandara yang menambahkan fasilitas guna menambah kenyamanan penumpang ketika harus menunggu di bandara.

Pada 2014, Bandara Internasional Minneapolis-Saint Paul menjadi bandara pertama di Amerika Serikat yang memiliki bioskop di dalamnya.

Bandara Internasional Minneapolis-Saint Paul mengoperasikan The See 18 Film Screening Room selama 24 jam dan 7 hari sehingga para penumpang tak perlu takut apabila jadwal penerbangannya lebih awal atau tertunda sekalipun.

Seperti halnya di PDX, The See 18 Film Screening Room dibuat oleh pembuat film top di kawasan itu dan semuanya dikuratori langsung oleh The Film Society of Minneapolis-St. Paul.

"Tujuan kami adalah untuk memberikan wisatawan sebuah pengalaman Minnesota," kata Direktur Seni dan Budaya Lembaga Bandara MSP, Robyne Robinson.

Bioskop di Bandara Internasional Minneapolis-Saint Paul akan memutarkan film-film pendek dan film dokumenter pemenang penghargaan.

Pada dasarnya tren bandara dengan bioskop ini sudah terlebih dahulu terjadi di Asia selama beberapa tahun ke belakang.

Bandara Changi di Singapura memiliki bioskop 24 jam yang menayangkan film-film terbaru unggulan gratis.

Sementara itu, Bandar Internasional Hong Kong bahkan dinobatkan menjadi bandara pertama IMAX di dunia yang menayangkan film-film dalam 2D dan 3D.

Lain lagi halnya dengan Bandara Internasional Indira Gandhi Delhi di India yang pada 2013 meluncurkan bioskop 6D lengkap dengan tempat duduk berpindah dan 21 efek spesial mulai dari gelembung sampai salju.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com