Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Pencakar Langit 1 Kilometer Masih Tanda Tanya

Kompas.com - 05/02/2016, 16:20 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

Sumber curbed

KOMPAS.com - Dirancang untuk mencapai tinggi satu kilometer di atas tanah dan melambung di atas Laut Merah di dekatnya, Menara Jeddah di Arab Saudi, digadang-gadang menjadi menara tertinggi di dunia.

Menara ini dibangun untuk menjadi ikon kebanggaan Arab Saudi dan sebagai mesin untuk pembangunan di kota terbesar kedua di negara itu.

Tapi, dengan biaya investasi senilai 1,5 miliar dollar AS (Rp 20,2 triliun), Menara Jeddah dikhawatirkan tidak akan berakhir seperti yang diharapkan.

Adanya tekanan keuangan dan pasar yang tidak menentu, membuat pembangunannya justru menghadapi sejumlah tantangan.

Namun, perusahaan patungan swasta, Jeddah Economic Company, berani menjamin uang di musim gugur lalu cukup untuk menyelesaikan tahap I proyek.

Tahap satu ini adalah pembangunan menara setinggi 3.821 kaki (1.164 meter) ditambah beberapa bangunan sekitarnya.

Sementara perusahaan ini mulai berhutang, berbagai faktor ekonomi menempatkan beban pada pengembangan yang lebih besar. Penurunan harga minyak di seluruh dunia telah membatasi perekonomian Arab Saudi.

Hal tersebut juga mengakibatkan penyelesaian pembangunan yang membutuhkan dana sekitar 20 miliar dollar AS untuk area komersial dan residensial tambahan, menjadi tanda tanya.

Dalam upaya untuk menciptakan kembali dampak ekonomi dari Dubai, rencana di Jeddah juga menghadapi rintangan budaya yakni budaya yang lebih konservatif.

Di Arab Saudi mungkin tidak semudah Dubai untuk menarik perusahaan asing. Meski demikian, liberalisasi akan diperlukan untuk memberikan Jeddah kesempatan menjadi sebuah kota global.

Selain itu, ada juga catatan yang kurang bagus atas penjualan properti-properti di pencakar-pencakar langit lainnya di dunia, termasuk Burj Khalifa.

The Shard di London, contohnya, yang berjuang sejak awal untuk menemukan penyewa, sebagian karena berada jauh dari pusat keuangan dan perusahaan-perusahaan yang berpotensi menguntungkan.

One World Trade juga telah dipaksa untuk memotong harga sewanya tak lama setelah pembukaan karena penjualan yang buruk.

Gelombang besar ruang komersial baru akan mengganggu pasar apapun, dan proyek pembangunan sebesar ini membutuhkan kesabaran dan tahun kerja yang panjang untuk melunasinya.


Metode Konstruksi 

Halaman:
Sumber curbed
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com