Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Izinkan Wisatawan Asing Sewa Rumah Pribadi

Kompas.com - 05/02/2016, 09:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

KOMPAS.com - Dalam rangka menyambut Olimpiade Tokyo 2020, wilayah terluas Ibu Kota Jepang, Ota Ward memberikan lampu hijau kepada pemilik rumah untuk menyewakannya kepada wisatawan asing.

Japan Times melaporkan, penduduk telah diminta untuk membiasakan diri sebagai bentuk antisipasi lonjakan wisatawan yang datang ke Tokyo dalam empat tahun depan, ketika tidak ada cukup kamar hotel untuk mengakomodasi mereka.

Pada Desember 2015, pemerintah daerah Ota Ward merilis kebijakan baru untuk mengizinkan penyewaan rumah pribadi namun dengan kriteria yang cukup ketat.

Penduduk yang ingin menyewakan rumahnya ke para wisatawan harus memberitahukan tetangganya yang tinggal 10 meter dari rumah dan juga menginformasikannya ke pemadam kebakaran sejelas mungkin.

Aturan itu juga menyebutkan, para wisatawan harus menyewa rumah dalam waktu minimum tujuh hari dan enam malam dengan informasi pribadi seperti nama, detail kontak, dan nomor paspor disimpan oleh pemilik rumah selama tiga tahun.

Seorang ahli bahasa mesti dihadirkan di lingkungan Ota Ward untuk berjaga-jaga. Ota Ward sendiri berada tak jauh dari Bandara Haneda dan pemerintah mengharapkan banyak pengunjung asing atas kedekatan jarak tersebut.

Japan Times juga melansir praktik penyewaan rumah ini sudah diterapkan di Perfektur Osaka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com