Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Norwegia Jajaki Kerjasama Infrastruktur dengan Indonesia

Kompas.com - 26/01/2016, 18:11 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Norwegia yang diwakili oleh Parlemen atau Komite Tetap Transportasi dan Komunikasi menjajaki Indonesia untuk kemungkinan kerjasama di bidang infrastruktur.

"Baru penjajakan. Ini kan umum saja. Mereka (pemerintah Norwegia) ingin tahu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ngapain saja," ujar Sekretaris Jenderal Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Taufik Wijoyono, di Jakarta, Selasa (26/1/206).

Selama ini, kata Taufik, kerjasama Indonesia dan Norwegia sebatas pertukaran ilmu pengetahuan. Staf yang bekerja di bidang teknologi terowongan Indonesia diberangkatkan ke Norwegia untuk mempelajari teknologi di sana. Begitu pula dengan staf Norwegia di Indonesia.

Dengan demikian, menurut Taufik, Norwegia dan Indonesia sama-sama mengetahui kapasitas masing-masing dalam hal pembangunan infraastruktur.

Norwegia juga pernah menerapkan teknologinya pada proyek Light Rail Transit (LRT) yang terletak di depan Ratu Plaza. Proyek ini masih dalam tahap uji coba.

Meski demikian, Taufik menekankan, teknologi bukanlah satu-satunya syarat untuk membangun infrastruktur, melainkan juga aturan yang berlaku.

"LRT bukan hanya soal alat atau teknologi tapi soal aturan. Karena ada yang tidak bisa dilakukan lewat transportasi," jelas Taufik.

Berikut infografis megaproyek infrastruktur tahun 2015-2016:

Cassandra E Sasmita & Lilyana Tjoeng/Kompas.com Megaproyek Infrastruktur 2015-2016
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com