Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piringan Hitam Raksasa, Apresiasi bagi Band Legendaris The Eagles

Kompas.com - 20/01/2016, 19:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

KOMPAS.com - Kendati sang gitaris, Glenn Frey, telah mangkat meninggalkan para penggemarnya, namun catatan besar sepanjang karir band legendaris The Eagles, masih tetap memenuhi benak khalayak.

Satu di antaranya terjadi pada Januari dua tahun silam ketika vinyl atau piringan hitam raksasa dari album Hotel California tahun 1977 dijadikan sebuah bangunan di area renovasi The Forum, Los Angeles, Amerika Serikat.

Pembangunan itu diinisiasi oleh The Pop2Life. Mereka menjadikannya sebagai piringan hitam terbesar yang pernah dibangun. Bayangkan saja, diameternya sendiri 124 meter dan luas mencapai 23 hektar.

Piringan hitam raksasa ini dibangun hanya dalam waktu 10 hari dan bisa berputar dengan kecepatan 27,4 kilometer per jam. Setidaknya ada 75 pekerja yang dibutuhkan untuk merealisasikannya.

Secara total, piringan hitam raksasa ini membutuhkan waktu 45 hari mulai dari perencanaan hingga penyelesaian akhir. (Baca: Gitaris Band Eagles, Glenn Frey Meninggal Dunia)

Selama proses konstruksi, setidaknya melibatkan 25 ton material, 15 ribu pencahayaan LED, 1.609 meter alumunium truss, 5.000 mur dan baut, 610 meter linier alumunium melengkung, 200 jam, 13 insinyur, 10 semi trailer, 1.858 meter persegi bahan beton dan laminasi non slip.

Ikon terbesar sejagat raya tersebut bisa terlihat dari jarak 1,6 kilometer dan menjadi atraksi bagi para wisatawan yang datang melalui Bandara LAX, Los Angeles.

Dibangunnya piringan raksasa ini tak terlepas dari keterlibatan The Eagles dalam pembukaan kembali The Forum, venue gelaran musik musisi dunia yang ditutup pada 1999.

Begitu dibuka kembali, The Forum akan menjadi venue konser dan hiburan langsung indoor terbesar di Amerika Serikat dengan kapasitas 18.000 penonton. The Forum mengambil lokasi di pinggiran kota Inglewood di Los Angeles, California.

Sayangnya, album piringan hitam raksasa The Eagles hanya ditampilkan dari 1 Januari 2014 hingga minggu pertama Februari 2014.

Berikut ini video proses pembangunan replika piringan hitam raksasa:


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com