Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia Megaproyek Infrastruktur di Indonesia

Kompas.com - 18/01/2016, 07:26 WIB
Hilda B Alexander

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - 
Setahun tiga bulan sudah kabinet kerja pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla memimpin Indonesia. Banyak target dicanangkan selama setahun ini. Salah satunya pembangunan megaproyek infrastruktur di seluruh wilayah Indonesia.

Rencana pembangunan itu meliputi ruas jalan tol, bendungan, dan jembatan dengan nilai puluhan triliun rupiah. Ada beberapa ruas jalan tol yang dibangun pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Untuk jalan tol, pemerintah menargetkan bisa membangun total lebih dari 3.000 kilometer selama periode 2015-2025. Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR mencatat akan ada 3.733 kilometer jalan tol baru dibangun di seluruh wilayah Indonesia selama periode tersebut.

Sepanjang tahun ini pemerintah sudah melakukan pembangunan beberapa ruas jalan tol. Adapun jalan tol yang dibangun itu meliputi Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) seksi II, Jalan Tol Manado-Bitung, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung, Jalan Tol Trans Sumatera, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, Jalan Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja), Jalan Tol Solo-Ngawi-Kertosono, dan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).


Arimbi Ramadhiani Pengerjaan tol Soreang-Pasir Koja, Bandung. Gambar diambil pada Kamis (10/9/2015).
Sementara dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan, pemerintah mencanangkan pembangunan 49 bendungan hingga 2019 nanti.

Berikut beberapa bendungan yang sudah dimulai pembangunannya tahun lalu:

Bendungan Raknamo di Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT) yang kontraknya diteken 26 November 2014 dan telahgroundbreaking Desember 2014.

Menyusul Bendungan Pidekso di Wonogiri, Jawa Tengah yang kontraknya dibuat pada 26 November 2014, dan dibangun Januari 2015. Kemudian Bendungan Logung di Kudus, Jawa Tengah yang kontraknya diteken 18 Desember 2014 dan mulai dibangun Januari 2015.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com