Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru Sumsel dan Jambi yang Mendukung Penuh Program Sejuta Rumah

Kompas.com - 16/01/2016, 11:09 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam melanjutkan Program Nasional Pembangunan Satu Juta Rumah tahun 2016, peran pemerintah daerah (pemda) merupakan salah satu yang utama dan dianggap paling vital.

Menurut Ketua Umum DPP REI Eddy Hussy keseriusan pemda dalam program perumahan pada tahun kemarin, dinilai masih minim dan kurang.

"Untuk sejuta rumah itu peran pemda belum menyeluruh. Masih banyak daerah yang belum terlalu fokus menaruh perhatian tinggi dalam pemenuhan kebutuhan rumah," ujar Eddy saat Peringatan Hari Ulang Tahun the HUD Institutte, di Jakarta, Kamis (14/1/2016).

Sayangnya, hingga saat ini baru dua pemda yang tercatat mendukung pelaksanaan Program Nasional Pembangunan Satu Juta Rumah. Kedua pemda tersebut adalah Sumatera Selatan, dan Jambi.

Sementara daerah lain baru mulai ikut mendorong pembangunan rumah rakyat. Secara umum, menurut Eddy, belum semua daerah satu suara memprioritaskan sejuta rumah.

Padahal, kebutuhan rumah di masing-masing daerah cukup tinggi, bahkan daerah-daerah yang perlu perhatian khusus. Jika pemda mulai memprioritaskan perumahan, rakyatnya pasti mendukung.

Peran pemda, lanjut Eddy, paling dibutuhkan dalam hal pembiayaan, khususnya untuk rumah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Jangan sampai pemda malah memanfaatkan penjualan rumah MBR sebagai pemasukan daerah.

"Uangnya tidak besar. Sementara jika masyarakat mau beli rumah butuh uang muka untuk persiapan awalnya, contoh biaya notaris dan sertifikat. Itu kan cukup besar, kalau pemda ada bantuan akan cukup membantu," sebut Eddy.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com