Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Titik 0 LRT" Bakal Jadi Pusat Destinasi Baru di Bekasi

Kompas.com - 30/12/2015, 20:07 WIB
Latief

Penulis

BEKASI, KOMPAS.com - Maraknya pembangunan infrastruktur jalan tol dan transportasi yang mulai berjalan akan mengerek harga jual properti di Bekasi hingga mencapai 30 sampai 50 persen. Transportasi masal kereta ringan (Light rail transit/LRT), jalur kereta api dwiganda Manggarai–Cikarang, jalan tol layang Bekasi–Cawang–Kampung Melayu (Becakayu) dan lingkar luar luar Cimanggis – Cibitung bakal makin mempercepat hubungan Bekasi dan Jakarta.

Demikian dikatakan Ipuk Nimpuno, Direktur Utama PT Adhi Persada Properti (APP), Rabu (30/12/2015), saat memaparkan beberapa proyek pengembang plat merah tersebut di Bekasi. Ipuk mengatakan jumlah penduduk Bekasi saat ini mencapai sekitar 7,4 juta. Dari jumlah itu, 2,5 juta penduduknya bekerja di Jakarta.

"Mereka sangat memanfaatkan sarana transportasi umum dan ini membuka peluang developer mengembangkan apartemen di lokasi yang dekat dengan infrastruktur atau sarana transportasi itu," kata Ipuk.

Sebagai anak usaha dari BUMN yang telah ditunjuk pemerintah untuk membangun LRT, APP sendiri sangat mendapatkan keuntungan, karena ujung jalur LRT yang juga menjadi stasiun penghentian terakhir di Bekasi itu akan dibangun di kawasan Grand Dhika City (GDC) Bekasi. Adapun GDC Bekasi merupakan proyek superblok seluas 10 hektar yang juga dikembangkan oleh APP.

"Superblok ini nantinya akan terintegrasi dengan stasiun LRT, ini keuntungannya," ujarnya.

Saat ini, GDC Bekasi sedang memasarkan Tower Cempaka dan telah masuk dalam tahap serah terima unit. Tahun depan, APP akan meramaikan kawasan itu dengan membangun mal dan beberapa tower apartemen lainnya.

Borong proyek

Selain tengah mengembangkan GDC Bekasi, tahun ini APP melansir Apartemen Mardhika Park di Tambun. Jaraknya hanya 5 kilometer dari GDC Bekasi. Di tahun ini juga APP membangun Tower Emerald Grand Dhika City Jatiwarna.

"Ke depannya kedua apartemen itu akan kami buatkan feeder untuk penghuni yang akan naik LRT," kata Ipuk.

Dalam mengembangkan posisinya sebagai Transit Oriented Development (TOD) atau satu konsep pengembangan tata ruang kota multifungsi yang terintegrasi dengan jaringan transportasi umum massal, APP bekerjasama dengan Divisi TOD Properti PT Adhi Karya (Persero) Tbk untuk mendukung posisinya sebagai kawasan strategis.

"GDC Bekasi akan punya stasiun LRT sendiri di dalamnya dan terhubung dengan rencana MRT dan Commuter Line sehingga jarak menuju pusat kota dapat ditempuh menjadi lebih singkat," kata Ipuk.

"Kami akan jadikan ini (GDC Bekasi) sebagai titik nol LRT," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com