Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

70 Persen Tamu Hotel di Cikarang Orang Asing

Kompas.com - 14/12/2015, 09:31 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

BEKASI, KOMPAS.com - Bisnis perhotelan di Cikarang, Bekasi, cukup menggiurkan. Pasalnya, banyak perusahaan multinasional yang membuka industri dan pabrik di kawasan ini.

Tak pelak, kebutuhan akomodasi pun meningkat tajam. Para ekspatriat ini banyak yang memutuskan untuk menginap di hotel. Bukan hanya sehari-dua hari, mereka memesan kamar hingga lima bulan lamanya.

"Orang asing itu huniannya di hotel ini. Mereka kebanyakan long stay. Ada yang sejak September sampai Februari khusus menginap di sini," ujar Komisaris Utama ISPI Group Preadi Ekarto kepada Kompas.com, di Hotel Whiz Prime, Cikarang, Sabtu (12/12/2015).

Sebagian besar ekspatriat yang tinggal di hotel ini, kata Preadi, berasal dari Jepang. Seperti diketahui, beberapa pabrikan di Cikarang adalah perusahaan Jepang.

Whiz Prime Hotel sudah berdiri lebih dari setahun dan memiliki banyak fasilitas menarik. Fasilitas unggulan yang juga menjadi ikon adalah Matador Waterpark.

Selain itu, dekat hotel ini juga berdiri beberapa ruko yang menunjang kebutuhan penghuni hotel.

"Okupansi hotel saat akhir pekan bisa 90 persen lebih. Sebanyak 70 persen diisi oleh Jepang. Di samping mereka, masih banyak lagi ekspat yang datang dari kawasan industri," jelas Preadi.

Dengan potensi tersebut, lanjut Preadi, ISPI mempertimbangkan untuk membangun apartemen bagi ekspatriat. Ia mendengar, pemerintah akan mempermudah perizinan orang asing membeli apartemen di Indonesia.

Jika kemudahan tersebut benar diberlakukan, maka ekspatriat akan bersemangat membeli properti. Dua bulan lalu, tambah Preadi, Bank Indonesia memperbolehkan orang asing membuka rekening di Indonesia.

"Kemudah dari sisi pendanaan sudah ada. Diharapkan bisa membuat bisnis properti terus tumbuh," kata Preadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com