Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Accorhotels Ambil Alih Fairmont, Raffles, dan Swissôtel

Kompas.com - 10/12/2015, 09:25 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Setelah akuisisi Marriott International atas Starwood Hotels & Resorts menjadi santapan utama media pertengahan November 2015 dan disebut sebagai transaksi terbesar abad ini, giliran Accorhotels melakukan langkah serupa.

Kelompok usaha ini mengambilalih portofolio Fairmont Raffles Hotels International (FRHI) guna mewujudkan ambisi menjadi pemimpin perhotelan global.

Accorhotels akan membayar akuisisi ini dengan menerbitkan 46,7 juta saham baru dan pembayaran tunai senilai 840 juta dollar AS kepada Qatar Investment Authority (QIA) dan Kingdom Holding Company (KHC).

Kedua perusahaan tersebut merupakan pemegang saham mayoritas dengan masing-masing 10,5 persen dan 5,8 persen.

Transaksi ini dinilai bakal meningkatkan pendapatan per saham tahun kedua senilai 65 juta euro.

Akad resmi antara QIA, KHC, serta Oxford Properties dan Ontario Municipal Employees Retirement System (OMERS), dengan FRHI Holdings Ltd sebagai induk dari Fairmont, Raffles, dan Swissôtel ditandatangani Rabu (9/12/2015).

"Ini adalah kesempatan yang luar biasa untuk menambah tiga merek bergengsi, Fairmont, Raffles dan Swissôtel dalam portofolio kami, dan langkah maju untuk Accorhotels," ujar Chairman dan Chief Executive Officer Accorhotels, Sébastien Bazin dalam rilis resmi yang diterbitkan Accorhotels.

Peleburan raksasa-raksasa hotel ini juga disambut baik Sheikh Abdulla Mohammed Bin Saud Bin Al-Thani, selaku CEO Qatar Investment Authority.

Sejak pihaknya membenamkan investasi di FRHI, perusahaan ini telah tumbuh menjadi pemain hotel mewah terkemuka dengan pertumbuhan pesat dalam beberapa tahun terakhir.

"Kesepakatan ini menghasilkan skala yang dibutuhkan untuk menggerakkan pertumbuhan investasi kami ke tahap berikutnya. QIA memiliki keyakinan terhadap Accorhotels dan berharap untuk menjadi pemegang saham yang signifikan," tambah Al-Thani.

FRHI populer dengan tiga merek mewah paling bergengsi yakni Raffles, Fairmont dan Swissôtel.

Mereka memiliki 155 hotel dan resor, 40 di antaranya sedang dalam pengembangan, dengan 56.000 kamar (sekitar 13.000 sedang dibangun).

Portofolio FRHI mencakup hotel-hotel legendaris seperti Raffles Singapura, The Savoy London, Shanghai Fairmont Peace Hotel, The Plaza Hotel di New York, dan Le Royal Monceau Raffles Paris.

Selain itu, ada juga Fairmont San Francisco, Fairmont Banff Springs (Kanada), Fairmont Le Château Frontenac di Quebec, Fairmont Ocean Park San Diego, dan Swissotel The Stamford di Singapura.

Hotel dan resor FRHI tersebar di 34 negara di lima benua. Sejumlah 42 properti berada di Amerika Utara, 2 di Amerika Selatan, 26 di Eropa, 17 di Afrika dan Timur Tengah dan 28 di Asia-Pasifik. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com