Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota Aladdin, Megaproyek Senilai Rp 7 Triliun Dimulai Tahun Depan

Kompas.com - 08/12/2015, 14:53 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Lagi, Dubai membuat segala hal tak mungkin menjadi nyata. Setelah berturut-turut menciptakan sensasi di sektor properti dan bangunan tinggi, kota ini tak lama lagi akan memulai pembangunan Aladdin City.

Ini merupakan megaproyek ikonik yang terinspirasi kisah-kisah Aladdin dan Sinbad. Rencananya, dibuka untuk publik dua tahun setelah tiang pancang konstruksi dimulai pada kuartal keempat 2016.

Pemerintah Kota Dubai telah memilih tiga perusahaan guna mendukung proyek raksasa dengan nilai konstruksi 500 juta dollar AS atau hampir Rp 7 triliun.

Ketiga perusahaan tersebut adalah Arif and Bintoak Colsulting Architects and Engineers, Incorporated Consultants, dan Meinhardt Group.

Aladdin City mencakup tiga menara utama yang terdiri dari ruang komersial, hotel, dan ruang ritel. Jarak antar-menara dirancang dengan interval 450 meter.

Total luas bangunan mencapai 110.000 meter persegi dengan ketinggian menara pertama 34 lantai.

Sementara dua menara lainnya masing-masing didesain sejangkung 26 lantai, dan 25 lantai.

Masing-masing menara dihubungkan oleh jembatan layang yang sekaligus berfungsi sebagai jalan masuk dan tempat parkir dengan kapasitas 900 kendaraan.

Menariknya, bentuk jembatan ini mengadopsi kehidupan laut yang eksotis seperti naga dan ular.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com