Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serba Canggih, Buka Pintu Rumah Pakai "Gadget"

Kompas.com - 02/12/2015, 09:22 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

Sumber Dezeen

KOMPAS.com - Bagi penggemar fiksi sains, tinggal di kapal luar angkasa merupakan impian tersendiri. Studio arsitek asal Barcelona, NOEM merancang rumah untuk sutradara sekaligus penggemar fiksi sains menyerupai pesawat ruang angkasa.

Lokasinya berada di lahan berhutan di La Moraleja, pinggiran kota Madrid, Spanyol. Rumah ini disebut The Spaceship Home, dan dibangun untuk menjadi pusat perhatian di lingkungan sekitar.

"Bangunan ini dirancang sebagai tempat spesial bagi dia (sang klien) untuk menikmati lingkungan yang penuh kedamaian dan bertemu dengan teman-temannya tanpa gangguan dari siapa pun," kata sang arsitek Rosa Vilarasau.

Rancangan The Spaceship Home mengacu pada kecepatan dan mencapai standar "passivhaus" atau efisiensi energi.

Oleh karena itu, arsitek memaksimalkan ventilasi alami dan insulasi bukan menggunakan sistem listrik layaknya rumah kebanyakan.

Selain itu, The Spaceship Home juga merefleksikan gairah sang empunya rumah untuk memiliki bioskop fiksi ilmiah dan sistem otomatisasi rumah.

"Di awal proses perancangan kami menggambarkannya melayang di hutan dengan bentuk rumah seperti kapal ruang angkasa dan dia menyukainya. Kami lalu langsung membuat rancangan The Spaceship Home dengan menggabungkan banyak film fiksi sains," jelas Vilarasau.

Sebuah konstruksi prefabrikasi terdiri dari tiga modul kayu yang melekat pada bingkai logam digunakan untuk membentuk struktur.

Hanya dalam waktu dua bulan, para arsitek itu sudah mampu menegakkan The Spaceship Home.

Eksteriornya terbuat dan dipelitur lembaran baja galvanis sehingga menghasilkan estetika teknis bangunan. Sementara itu struktur kayu menjamin kinerja termal dalam rumah menjadi lebih baik.

Rumah ini ditinggikan empat meter dari atas tanah dengan menggunakan kaki-kaki metal.

Posisi tinggi itu memberikan panorama puncak pohon di sekitar rumah, terutama dari teras besar yang membentang panjang di salah satu tepi rumah.

Untuk mengakomodasi akses tinggi ke pintu masuk, NOEM menggunakan tangga bergulir milik maskapai penerbangan Spanyol, Span Air yang dibeli dari Bandara Barcelona.

NOEM benar-benar membuat rumah ini layaknya kapal ruang angkasa sesungguhnya.

Hal itu tercermin dari integrasi gawai yang mengotomatisasi banyak layanan dan memungkinkan pemilik rumah mengendalikan The Spaceship Home dari jarak jauh dengan menggunakan aplikasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com