Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hidup di Rumah Ini, Anda Tak Perlu Bayar Listrik!

Kompas.com - 01/12/2015, 20:17 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

Sumber Dezeen

KOMPAS.com - Rumah ramah lingkungan dan hemat energi mulai menjadi pilihan banyak orang untuk dijadikan sebagai tempat tinggal. Salah satunya adalah rumah rancangan Gresford Architects di pedesaan Inggris.

Lokasinya di desa Berkshire dan bentuknya seperti rumah tradisional pada umumnya, sehingga menyembunyikan keistimewaan rumah itu.

Rumah dengan sebutan The Old Water Tower itu telah disertifikasi "Passivhaus", sebuah titel yang diberikan pada bangunan dengan penggunaan metode penghangat dan pendingin alami, bukan dengan sistem elektrik.

Meski begitu, Gresford Architects, yang berkantor di London dan Oxford, enggan memberikan penampilan neko-neko kepada The Old Water Tower.

Hal itu didasari pada banyaknya bangunan dengan sistem serupa yang memiliki penampilan tidak ramah mata setiap orang yang melihatnya.

Oleh karena itu, tim dari Gresford Architects justru membangun The Old Water Tower dengan desain yang sesuai dengan suasana pedesaan.

"Kami bertujuan menciptakan sebuah rumah dengan desain berkelanjutan, namun kami juga melakukan pendekatan yang membuat orang-orang mempertimbangkan rumah ramah lingkungan untuk hidup berkelanjutan," kata arsitek Gresford.

The Old Water Tower diibaratkan sebagai interpretasi modern dari lumbung bermaterial kayu dari daerah.

Selain itu, apabila dilihat dari jauh, The Old Water Tower dianggap sebagai bangunan agrikultural yang penuh dengan nilai tradisional dan kesederhanaan.

Struktur yang terdiri dari dua lantai ini memiliki atap runcing dan dilengkapi fasad kayu hitam bernoda.

Jendela dan pintu kaca dibuat di empat fasad yang ada, tetapi tiga di antaranya dibuat mengilap dengan tujuan untuk mencegah hilangnya panas di dalam rumah.

Sementara itu bukaan jendela dan pintu terkecil ada di fasad utara yang notabene menghilangkan panas paling banyak.

Elevasi timur juga memiliki bukaan kecil untuk menjaga privasi pemilik rumah.

"Tiga jendela mengilap dapat dibuka sehingga membongkar mitos 'Passivhaus' yang menyatakan bahwa rumah harus selalu tertutup," imbuh Gresford.

Tim Gresford Architects juga meletakkan tirai eksternal di sebelah timur, selatan, dan barat dengan tinggi tertentu yang otomatis tertutup apabila suhu internal rumah mencapai 21 derajat celcius.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Dezeen
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com