Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

111 Rumah untuk Desa Miskin di Banten

Kompas.com - 26/11/2015, 15:07 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com - Dalam upaya memperbaiki lingkungan di Kedung Dalem, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Banten, Habitat for Humanity dan Farpoint Realty membangun sejumlah rumah.

Sejak 2012 lalu, sebanyak 111 unit rumah telah direnovasi dan dibangun kembali di desa dengan jarak sekitar 2 jam dari ibu kota Indonesia, Jakarta.

"Kemitraan ini bukan baru kemarin, tetapi sudah masuk tahun ke-3. Satu unit rumah mewah Farpoint dibeli, didonasikan kepada Habitat for Humanity," ujar Resource Development Director, Habitat for Humanity Indonesia, Tommy Pacatang di Desa Kedung Dalem, Mauk, Tangerang, Kamis (26/11/2015).

Dana yang dikumpulkan tersebut, tambah Tommy digunakan untuk membangun rumah di Kedung Dalem. Di Kecamatan Mauk sendiri, Habitat sudah membangun 500 rumah. Sebanyak 111 rumah di antaranya, terletak di Kedung Dalam.

Rumah yang layak harus didukung oleh lingkungan yang sehat. Dengan demikian, kata Tommy, Habitat for Humanity tidak hanya membangun rumah tetapi juga fasilitas mandi, cuci, dan kakus (MCK).

"Dulu cuci baju di kali. Di sana kotor, tapi apa boleh buat, tidak ada MCK. Kalau sekarang, mandi jadi tidak malu. Semoga terhindar dari penyakit kulit, karena air sudah bersih," jelas Tommy.

Sejalan dengan program pemerintah 100-0-100 yang diinisiasi Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Habitat for Humanity menyediakan air bersih dan jalan setapak.

Dengan pembangunan tersebut, daerah-daerah diharapkan menjadi tempat yang lebih baik untuk ditempati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com