Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Toilet Umum Terbaik di Negeri Paman Sam

Kompas.com - 25/11/2015, 12:32 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

KOMPAS.com - Toilet umum kota Minturn, Colorado, Amerika Serikat terpilih sebagai toilet terbaik seantero negeri Paman Sam melalui Kontes Toilet Terbaik Cintas America 2015. Padahal usia toilet itu kurang dari satu tahun.

Pembangunan toilet umum dilatari banyaknya pengunjung Pasar Minturn yang hampir mendekati jumlah 40.000 orang.

Janet Hawkinson adalah orang di balik layar yang bertanggungjawab terhadap desain dan konstruksi toilet umum tersebut.

Menurut Hawkinson, populasi penduduk di Minturn saat ini mencapai angka 1.200 orang. Ia juga berkelakar, penduduk Minturn menyertakan 400 ekor rusa sebagai bagian dari komunitas.

Minturn adalah kota dengan sejarah pertambangan. Pembangunan toilet umum ini juga menjadi batu loncatan untuk konsep pembangunan lainnya di Minturn.

Toilet umum Minturn dibangun di luar lokasi pertambangan dan mulai dipasang pada bulan Maret 2015.

Berbentuk seperti kios dengan ukuran 8 x 8 dan tinggi 10 kaki atau 3,04 meter, toilet umum Minturn juga berbahan dasar kayu dan baja untuk memberikan sentuhan fungsi seni di Jalan Toledo, Eagle Park.

"Toilet umum kami menunjukkan bagaimana kombinasi seni, arsitektur, dan kreativitas mampu mengubah mood, tempat, dan masyarakat," terang Direktur Konstruksi dan Desain Proyek Toilet Umum Minturn, Janet Hawkinson

Bagian dalam kamar mandi laki-laki di toilet umum Minturn.

Bentuknya yang tidak biasa membuat orang tidak mengira jika bangunan itu adalah sebuah toilet. Kedua toilet, untuk laki-laki dan perempuan dibuat terpisah beberapa meter dengan fitur-fitur potongan kayu sebanyak 320 unit. 

Bentuk digital fabrikasi yang unik dari toilet pria dan wanita berhadapan satu sama lain layaknya pintu masuk tambang Gunung Rocky

Tanpa menghilangkan respek, toilet pria digambarkan dengan gambar seekor rusa. Di dalamnya, dinding kamar mandi wanita dicat warna pirus sementara kamar mandi laki-laki diberi warna tembaga dengan kupu-kupu tembaga terdapat di langit-langitnya.

Bahan-bahan di toilet itu menggunakan bahan yang mudah dibersihkan sehingga menyulitkan perilaku vandalisme.

Proyek pembangunan toilet umum ini dikerjakan oleh komunitas lokal Minturn. Misalnya studio model LGM 3D bertugas memotong kayu sementara LaN Architecture bertanggungjawab atas desainnya.

"Kemenangan ini menunjukkan kepada dunia apa yang bisa dicapai apabila semua orang bekerja bersama-sama untuk menciptakan sesuatu yang mengesankan, seperti apa yang kami lakukan di kota kecil Minturn," tegas Hawkinson.

Toilet umum Minturn menghabiskan dana total 9.000 dollar Amerika Serikat atau setara dengan Rp 123,2 juta untuk konstruksi, desain, dan pipa air. Setengah dana tersebut didapatkan melalui hibah dari Elang County.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com