Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marriott Akuisisi Starwood 12,2 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 16/11/2015, 22:40 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

Sumber CNBC

KOMPAS.com - Marriott International akan membeli Starwood Hotels & Resort Worldwide secara tunai dan dalam bentuk saham senilai 12,2 miliar dollar AS.

Kesepakatan itu dilakukan kedua belah pihak untuk menciptakan jaringan hotel terbesar di dunia.

Transaksi ini sekaligus membuat para pemegang saham Starwood akan menerima 0,92 lembar saham Marriott Kelas A.

Mereka juga akan mendapatkan 2 dollar AS tunai dari setiap saham Starwood yang dipegang.

Penawaran itu kemudian berubah menjadi 72,08 dollar AS untuk saham Starwood. Jumlah itu telah mendapat potongan 4 persen ketika pasar saham ditutup Jumat silam.

Kerjasama ini sejatinya bukannya tanpa halangan. CEO Marriott, Anne Sorenson mengatakan kepada CNBC bahwa ada sedikit 'bujuk rayu' kepada para pejabat perusahaan untuk merealisasikan kerjasama tersebut.

"Tapi bulan terus berlalu, kami melihat pergeseran relatif dalam nilai-nilai perusahaan, sehingga membuatnya lebih menarik secara ekonomi, dan kami menjadi yakin bahwa ada nilai lebih yang bisa dibuat dengan dua perusahaan yang bekerja bersama," imbuh Anne.

Pemegang saham Starwood juga akan mendapatkan sekitar 7,80 dollar AS per saham. Jumlah itu didapat dari pemisahan bisnis perusahaan dan penggabungan dengan Interval Leisure Group.

Starwood, pemilik merek hotel St. Regis dan Sheraton telah mengindikasikan pada bulan April lalu bahwa kerjasama dengan Marriott merupakan langkah strategis.

Jaringan hotel ini juga membuka peluang untuk penawar potensial seperti InterContinental Hotel Group, Wyndham Worldwide, dan dana kekayaan negara pada bulan Juli.

Sebelum penutupan Jumat lalu, saham Starwood telah jatuh sekitar 14 persen sejak 29 April silam. Bersamaan dengan hal tersebut, Starwood juga mengakui tengah menjajaki alternatif strategis.

Starwood berharap kesepakatan dengan Marriott bisa terjadi pada pertengahan 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com