Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terbesar di ASEAN, Pasar Konstruksi Indonesia 267 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 02/11/2015, 13:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebutuhan tenaga kerja infrastruktur meningkat hampir dua kali lipat seiring dengan pembangunan infrastruktur di Indonesia. Indonesia tercatat sebagai pasar terbesar jasa konstruksi di ASEAN dengan nilai sebesar 267 miliar dollar AS.

Oleh sebab itu, dibutuhkan dukungan sumber daya di luar dana pemerintah, serta kesiapan dari semua pemangku kepentingan, antara lain pemerintah, penyedia jasa, badan usaha milik negara (BUMN), swasta, Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK), terutama para pekerja di bidang jasa konstruksi.

"Siapa yang mau membangun infrastrktur kita? Tenaga kerja konstruksi terampil merupakan ujung tombak pembangunan infrastruktur Indonesia. Anda adalah pahlawan pembangunan yang secara langsung akan mewujudkan ini semua," ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono kepada para peserta Sarasehan Pekerja Konstruksi Tingkat Nasional 2015, di Balai Konstruksi, Jakarta, Senin (2/11/2015).

Tanpa kehadiran pekerja terampil, menurut Basuki, pembangunan infrastruktur mustahil terlaksana. Di sisi lain, tahun depan Indonesia akan memasuki era Masyarakat Ekonomi Asean (ERA) yang artinya akan banyak tenaga ahli dan tenaga kerja terampil asing yang akan masuk ke Indonesia.

Untuk itu, pemerintah mengupayakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya bagi seluruh warga di Indonesia. Basuki mengatakan, bagi pekerja yang terbiasa bekerja keras dan selalu meningkatkan mutu kerja dan tetap optimistis, lapangan kerja di bidang konstruksi masih sangat banyak.

Sebagai ujung tombak pembangunan infrastruktur, lanjut Basuki, peran pekerja terampil sangat penting. Untuk itu, pemerintah berupaya melakukan sertifikasi kepada para pekerja konstruksi termasuk tenaga terampil. Dalam hal ini, pemerintah juga terus melakukan sosialisasi terkait pentingnya tenaga kerja konstruksi bersertifikat.

Sertifikasi tenaga konstruksi adalah pengakuan tertinggi negara terhadap kemampuan individu di bidangnya yang saat ini dikenal dengan istilah kompetensi. Hal tersebut diakui melalui selembar sertifikat kompetensi yang dikenal dengan Sertifikat Keahlian/Keterampilan atau SKA/SKT yang diterbitkan oleh LPJK.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com