Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Marga Anggarkan Belanja Modal Rp 14 Triliun

Kompas.com - 31/10/2015, 10:26 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai penyelenggara jalan tol, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Tengah mengusahakan agar laba bersih tahun 2016 stabil. Pasalnya, pada tahun tersebut, investasi Jasa Marga terbilang besar.

Untuk itu, perseroan menganggarkan dana senilai Rp 14 triliun sebagai belanja modal atau capital expenditure (capex) tahun depan guna membiayai proyek-proyek jalan tol yang sedang dikembangkan.

"Kita nggak pernah memberikan proyeksi laba bersih, yang bisa saya sampaikan, tahun depan investasi kita besar sekali. Kita akan punya capex senilai Rp 14 triliun," ujar Direktur Keuangan PT Jasa Marga (Persero) Tbk Reynaldi Hermansjah di kantor Jasa Marga, Jakarta, Jumat (30/10/2015).

Besarnya anggaran ini, kata Reynaldi, disebabkan oleh pembangunan atau konstruksi tol yang jumlahnya banyak. Sebut saja ruas jalan Tol Solo-Ngawi dan Tol Ngawi-Kertosono, di Jawa Timur masih menjadi beban yang harus diselesaikan oleh Jasa Marga.

Reynaldi menambahkan, ada dua ruas yang diharapkan bisa beroperasi tahun depan, yaitu Tol Semarang-Solo, Jawa Tengah, seksi Bawen-Solo dan bagian dari Tol Ngawi-Kertosono.

Terkait revaluasi aset, Jasa Marga masih mempelajari dulu dampaknya. Saat ini, revaluasi masih dalam perhitungan dan pengkajian. Oleh sebab itu, Reynaldi mengaku belum berani berspekulasi besaran nilai revaluasi asetnya.

Adapun sebagian besar hasil revaluasi ini nantinya untuk merealisasikan ruas-ruas jalan tol baru milik Jasa Marga. "Kan kita baru akuisisi Tol Solo-Ngawi, Tol Ngawi-Kertosono, dan Tol Cinere-Serpong. Tahun depan, kita realisasikan itu karena tanahnya sudah bebas hampir 90 persen," jelas Reynaldi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com