Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Targetkan Anggaran Jalan Nasional Terserap 70 Persen Sampai Akhir Tahun

Kompas.com - 30/10/2015, 19:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang tahun 2015 berakhir, Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan lebih dari 60 persen anggaran terserap untuk pembangunan di sektor bina marga. Pembangunan itu meliputi jalan nasional, jalan tol, jembatan, dan sebagainya.

"Progres penyerapan anggaran untuk jalan nasional itu baru 60 persen. Minggu depan kalau bisa sudah 70 persen. Pokoknya sampai tahun ini setidaknya harus sudah 70 persen," kata Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Hediyanto W Husaini, kepada Kompas.com, di Jakarta, Jumat (30/10/2015).

Hediyanto menambahkan bahwa target jalan yang akan diselesaikan sepanjang 47.017 kilometer. Awalnya jalan nasional yang akan dibangun adalah sepanjang 38.569 kilometer. Namun panjang jalan nasional tersebut bertambah 8.448 kilometer yang berasal dari jalan Provinsi, Kabupaten/Kota, atau yang tidak berstatus.

Jumlah tersebut bukan hanya jalan yang baru dibangun, juga jalan yang ditingkatkan statusnya.

"Dari target kita tersebut ada yang kita pelihara, ada yang ditingkatkan, dan ada yang kita baru bangun," ujar Hediyanto.

Adapun Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR akan tetap fokus membangun target jalan nasional dengan pertambahan jalan baru berkisar antara 600 kilometer sampai 700 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com