Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toko Buku dan Kafe yang Bikin Betah Pengunjung

Kompas.com - 20/10/2015, 10:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Perusahaan desain grafis asal Spanyol, Plasma Nodo, menciptakan 9 ¾ Bookstore and Café. Tidak hanya untuk membaca, tempat ini juga sesuai untuk bermain dan berbagi semangat antara pengunjung sambil mendesain atau meminum kopi.

Terletak di Medellín, Kolombia, ruang yang jelas lebih dari sekadar toko buku modern dan café ini, dirancang untuk mendorong sosialisasi sehingga pengunjung merasa betah berlama-lama.

Luasnya hampir 1.300 kaki persegi dengan dua lantai. Saat berjalan di dalamnya, pengunjung akan merasakan perubahan suasana. Rak-rak bukunya mengingatkan kepada perpustakaan di dalam benteng yang tinggi sehingga menciptakan decak kagum.

Terletak di Medellín, Kolombia, ruang yang jelas lebih dari sekedar toko buku modern dan café ini, dirancang untuk mendorong sosialisasi.

Dibuat dengan memfokuskan kepada anak-anak, toko buku modern memiliki alas kursi berlapis dengan sudut heksagonal seperti goa di mana anak-anak dapat menggambar, bermain, membaca atau beristirahat di dalamnya.

Anak-anak senang mengeksplorasi warna-warni di ruang petualang akan menemukan sejumlah kegiatan yang menyenangkan dan mungkin berkenalan dengan beberapa teman baru di tempat ini. Anak-anak juga akan tertarik untuk kembali menemukan tempat baru, di mana permainan yang berbeda dapat dimainkan setiap kali.

Lantai dasar toko ini dihiasi dengan kaca gelap berbingkai dengan pintu masuk toko buku, koleksi, serta berbagai permen. Garis di belakang sofa menggariskan dinding yang ditutupi daun hijau. Desain ini mengundang pengunjung untuk duduk di lingkungan yang mirip di dengan dedaunan.

Lantai dasar toko ini dihiasi dengan kaca gelap berbingkai dengan pintu masuk toko buku, koleksi, serta berbagai permen.

Di lantai atas, floating mezzanine memungkinkan rak buku berada di tingkat yang lebih rendah. Rak buku ini menjadi sangat tinggi jika dijangkau dari rumah kafe. Namun, baik di lantai atas maupun rumah kafe di lantai bawah, menyediakan ruang membaca pribadi dan meja bersama.

Adapun kopi 9 ¾ Bookstore disiapkan oleh para ahli. Dengan kopi atau teh di satu tangan dan sebuah buku bagus di tangan yang lain, serta banyak sudut dan celah untuk anak-anak untuk mengeksplorasi, pengunjung bisa menikmati sore yang santai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com