Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bintang Masih Bersinar di Koridor Simatupang

Kompas.com - 16/10/2015, 16:25 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Koridor bisnis TB Simatupang masih menunjukkan performa meyakinkan selama kuartal III-2015, saat pusat bisnis atau central business district (CBD) Jakarta memasuki masa suram.

Hal ini terlihat dari tingkat hunian sub-sektor perkantoran yang tumbuh 1 persen menjadi 86 persen. Colliers International Indonesia mencatat, harga sewa gedung-gedung perkantoran di koridor ini berkontribusi besar memicu melambungnya harga sewa secara umum di kawasan Jakarta Selatan. 

Saat ini, harga sewa (asking rents) mencapai rerata Rp 259.805 per meter persegi per bulan. Angka ini enam persen lebih rendah ketimbang kuartal sebelumnya. Namun, penurunan lebih disebabkan banyaknya pengelola gedung yang melakukan konversi harga sewa dari sebelumnya dalam mata uang dollar AS menjadi Rupiah.

Sementara biaya servis (service charge), ditetapkan senilai Rp 65.461 per meter persegi per bulan, atau relatif stabil dibanding tiga bulan sebelumnya. 

Menurut Colliers, koridor TB Simatupang juga memperlihatkan tingkat serapan tinggi untuk perkantoran strata. Sekitar 72 persen dari 180.000 meter persegi pasokan baru sudah terserap pasar. Hal ini tentu saja mendorong harga jual melesat 4,6 persen menjadi Rp 33,6 juta per meter persegi. 

colliers international The Manhattan Square Tahap II senilai Rp 350 miliar.
Riset Cushman and Wakefield Indonesia juga menunjukkan hal serupa atas kinerja sub-sektor perkantoran Koridor TB Simatupang. Dari enam proyek perkantoran baru seluas 229.106 meter persegi yang telah rampung konstruksinya dan masuk pasar non-CBD pada semester I-2015, lima di antaranya terkonsentrasi di koridor ini.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com