11 Hotel Mewah Hadir di Kota Suci Mekkah - Kompas.com

11 Hotel Mewah Hadir di Kota Suci Mekkah

Hilda B Alexander
Kompas.com - 15/10/2015, 07:19 WIB
dokumen DAR Group Megakompleks Abraj Kudai yang berdekatan dengan Masjidil Haram, Mekkah, Saudi Arabia.

JAKARTA, KOMPAS.com — Mekkah merupakan lokasi terpanas di Arab Saudi untuk pembangunan hotel-hotel premium saat ini. Menurut hasil riset STR Global yang diterima Kompas.com, Rabu (14/10/2015), setidaknya terdapat 11 hotel dengan 16.153 kamar di bawah kontrak pengelolaan yang sedang dibangun. 

Jutaan anggota jemaah calon haji yang datang setiap tahun dianggap sebagai permintaan (demand) sekaligus peluang bagi para pebisnis dan investor untuk mengembangkan hotel di kota ini, terutama di dekat Kabah.

Selain itu, tarif hotel yang tinggi selama bulan suci Ramadhan dan musim haji hingga 3.000 poundsterling atau Rp 63,3 juta per malam merupakan pendorong utama nama-nama beken perhotelan macam Hilton, Marriott, Hyatt, dan Starwood hadir di kota kudus ini.

Tentu saja, hal ini membuat orang-orang Arab bangga. Mereka senang bersaing untuk menjadi yang terbesar dan tertinggi di dunia. Tak mengherankan, kompetisi pasar perhotelan demikian sengit di Mekkah. Persaingan tak hanya diramaikan jaringan hotel global seperti di atas, tetapi jaringan hotel lokal macam Abraj Kudai

Abraj Kudai dibangun oleh Dar Al Handasah. 
Tak main-main, dimensi proyek ini luar biasa besar, yakni 1,4 juta meter persegi di atas lahan seluas enam hektar. Lokasinya hanya dua kilometer sebelah selatan Masjidil Haram, tetapi masih berada di jantung kota Mekkah, yakni kawasan Manafia.

ThinkStock ILUSTRASI - Kamar hotel
Di dalam kompleks pengembangan ini, nantinya akan berdiri hunian vertikal 12 menara, ruang komersial yang terdiri dari podium besar, pusat belanja, restoran, aula makan, pusat konvensi, dan ruang pamer kendaraan serta hotel bintang lima.

Ukuran raksasanya yang mencolok diyakini bakal menjadi tengara baru pusat kota Mekkah. Bahkan, Dar Al Handasah merancangnya sebagai identitas baru yang memadukan budaya Islam dan modern.

Rencananya, mengutip laman resmi Dar Al Handasah, Abraj Kudai akan dibuka untuk publik pada dua tahun mendatang atau tahun 2017. Jika kelak beroperasi, Abraj Kudai bakal menjadi hotel terbesar di dunia.

Berikut daftar hotel mewah yang bakal hadir di Mekkah:
1. Conrad Hotel
2. Hilton Bab South and North Tower
3. Best Western Premier
4. JW Marriott
5. The Sheraton 
6. The Westin 
7. Intercontinental Hotel
8. Hilton Convention Hotel 
9. Hyatt Palace 
10. Hyatt Regency
11. Abraj Kudai


PenulisHilda B Alexander
EditorHilda B Alexander
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM