Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mega Manunggal Gaet Lazada Kembangkan Pergudangan Terpadu di Depok

Kompas.com - 09/10/2015, 21:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mega Manunggal Property Tbk (MMLP) melalui anak perusahaannya PT Mega Dharma Properti (MDP) menjalin kerja sama dengan perusahaan yang didirikan Rocket Internet, Lazada, membangun kawasan logistik di Jalan raya Jakarta-Bogor, Depok, Jawa Barat.

Kerja sama MMLP dengan Lazada yang bergerak di bidang distribusi barang-barang dalam jaringan (daring), ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Sewa-Menyewa akhir September 2015, antara Direktur Utama MMLP Fernandus Chamsi dengan President Director PT Lastana Express Indonesia Carl Magnus Valdemar. 

"Kawasan yang hendak dibangun adalah properti logistik berupa Sentra Distribusi dan Perkantoran Terpadu untuk kepentingan penyewa Lazada yang berada di kawasan Jadebotabek. Hal ini dimaksudkan guna lebih memudahkan distribusi dan meningkatkan efisiensi bagi tenant," ujar Fernandus dalam keterbukaan publik di Bursa Efek Indonesia, Kamis (8/10/2015).

Di dalam dokumen kerja sama sewa-menyewa ini, MMLP dan Lazada memuat kesepakatan awal bisnis dengan pola built to suit. Artinya, fasilitas yang dibangun nanti, betul-betul sesuai dengan kebutuhan penyewa. Pola ini sangat mendukung efisiensi.

Adapun muatan dalam perjanjian tersebut, antara lain MMLP menyetujui permintaan Lazada untuk membangun sentra distribusi terpadu dengan fasilitas dan sarana pendukungnya yang terbagi dalam dua tahap pembangunan.

Masing-masing dibangun dengan luas 30.100 meter persegi dan 30.500 meter persegi. Pembangunan fasilitas tahap pertama ini diharapkan selesai dan bisa mulai beroperasi pada akhir 2016. Sementara untuk tahap kedua ditargetkan selesai pada 2018.

Sementara itu, terkait periode sewa (tenor), Lazada berhak menempati kawasan tersebut selama 10 tahun dengan hak opsi perpanjangan 5-10 tahun. Sedangkan kelanjutan sewa tahap kedua merupakan opsi yang terbuka bagi Lazada.

Dengan adanya perjanjian ini, MMLP menyatakan Lazada menjadi klien terbesar dari segmen jual-beli barang secara daring. Penyewa terbesar MMLP adalah PT Unilever Indonesia Tbk. dengan nilai transaksi Rp 46,26 miliar. Nilai sewa ini, setara 54,50 persen dari total pendapatan Mega Manunggal sebesar Rp 78,2 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com