Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sengketa Konstruksi Bermunculan, BADAPSKI Siap Pasang Badan

Kompas.com - 09/10/2015, 17:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kontrak konstruksi merupakan salah satu yang rawan memunculkan sengketa antara pengguna jasa dan konstruktor. Hal ini disebabkan sering munculnya perbedaan interpretasi kedua belah pihak terkait kontrak yang sudah dibuat.

"Kalau dulu faktornya adalah pembebasan tanah yang terlambat, semua tahu itu. Sekarang lambatnya keputusan pengguna jasa karena ketakutan terhadap klaim sengketa," kata Sekretaris Badan Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa Konstruksi Indonesia (BADAPSKI), Sarwono Hardjomuljadi, di Jakarta, Jumat (9/10/2015).

BADAPSKI kemudian muncul sebagai sebuah badan arbitrase yang secara khusus menangani masalah sengketa konstruksi. BADAPSKI nantinya akan memberikan alternatif penyelesaian sengketa konstruksi dengan mengedepankan aturan-aturan yang lazim digunakan dalam dunia konstruksi.

"BADAPSKI ini spesialis konstruksi, khusus konstruksi, kenapa? Kan lebih enak kalau sama orang-orang yang sudah terjun di konstruksi. Jadi lebih tahu masalahnya. Karena begini, kontrak konstruksi nggak sama dengan kontrak yang lain. Kalau kontrak yang lain seperti kontrak rumah atau kontrak mobil barangnya utuh kan. Nah kalau kontrak konstruksi itu dari tidak ada menjadi ada kan, nah itu bedanya," jelas Sarwono.

thinkstock Ilustrasi apartemen
Berbagai macam sengketa konstruksi akan menjadi perhatian badan arbitrase yang berdiri pada 19 Agustus 2014 tersebut. Mereka tidak akan pilih-pilih dalam menyelesaikan masalah sengketa konstruksi yang ada.

"Semua sengketa boleh dan nggak terpaku kontrak, mau kontrak besar atau kecil, risikonya sama. Justru kita mau masuk sampai ke bawah karena kalau nggak, kasihan yang bawah-bawah itu," ucap dia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com