Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkat Hunian Drop, Hotel "Budget" di Jakarta Terus Bertambah

Kompas.com - 08/10/2015, 18:21 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendati secara umum pasar perhotelan mengalami perlambatan permintaan 1,2 persen menjadi 57,2 persen seiring efisiensi perusahaan-perusahaan dan kebijakan pengetatan pengeluaran pemerintah, hotel kelas ekonomi atau budget di Jakarta terus bertambah.

Menurut catatan Colliers International Indonesia, sampai kuartal III-2015 terdapat beberapa hotel yang memulai operasionalnya. Termasuk hotel di bawah kendali Archipelago International yang bertajuk Favehotel Zainul Arifin dengan jumlah 84 kamar.

Jumlah kamar ini menggenapi total hotel murah di Jakarta menjadi sebanyak 4.818 kamar atau melonjak 9,6 persen lebih tinggi jika dibandingkan dengan posisi pada akhir 2014 lalu. 

Colliers memperkirakan, dalam dua tahun ke depan operator macam Archipelago International akan melakukan ekspansi bisnisnya dengan mengoperasikan lebih banyak lagi hotel ekonomi, termasuk Favehotel, dan NEO. 

"Sejauh ini, seluruh merek hotel murah tersebut merupakan pesaing terberat bagi hotel-hotel yang dikelola Tauzia Management dengan merek Harris, Yello, dan Pop," ujar Associate Director Research Colliers International Indonesia, Ferry Salanto, Selasa (6/10/2015). 

Hingga tahun ini berakhir, lanjut Ferry, akan hadir sebanyak 591 kamar baru yang berasal dari empat hotel yakni Whiz Cipete, Whiz Hayam Wuruk, Amaris Simatupang, dan @HOM Cawang. 


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com