Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toilet Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tebersih di Indonesia

Kompas.com - 08/10/2015, 14:39 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Toilet umum menjadi salah satu fasilitas penting dalam infrastruktur publik. Salah satunya di bandara, toilet bahkan dianggap mampu menciptakan citra positif Indonesia sebagai destinasi wisata.

Atas dasar itu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia memberikan Penghargaan Sapta Pesona Toilet Umum Bersih di Bandara 2015. Penghargaan ini diharapkan mampu menjadikan toilet umum di bandara sebagai faktor untuk meningkatkan daya saing global di bidang pariwisata.

Untuk meningkatkan daya saing tersebut, Kemenparekraf akan memberikan perbaikan pada tiga faktor, yakni pelayanan infrastruktur pariwisata (tourism service infrastructure), higientitas dan kesehatan (health and hygiene), dan keberlanjutan lingkungan (environmental sustainability).

"Di antara ketiga faktor tersebut, health and hygiene menjadi pekerjaan rumah kita bersama untuk ditingkatkan. Fasilitas toilet bersih di bandara mempunyai peran penting untuk bisa memenangkan persaingan," kata Menteri Pariwisata, Arief Yahya, saat memberikan sambutan dalam acara pemberian Penghargaan Sapta Pesona Toilet Umum Bersih Bandara 2015, di Jakarta, Kamis (8/10/2015).

Setidaknya ada 20 bandara di 19 provinsi yang mengikuti ajang penghargaan yang kini memasuki tahun kelima penyelenggaraannya. Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Cengkareng), Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai (Denpasar), Bandara Internasional Kualanamu (Medan), Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah (Tanjung Pinang), dan Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru) menjadi lima besar bandara dengan toilet umum berbintang empat yang mencatat nilai rerata 80.

"Toilet dengan status bintang empat dinilai dari kondisi, kelengkapan sistem, dan kebersihan yang dicapai," ujar Ketua Dewan Juri yang juga Wakil Ketua Asosiasi Toilet Indonesia, Naning Adiwoso.

Berikut ini daftar peringkat peraih Penghargaan Sapta Pesona Toilet Umum Bersih di Bandara Internasional/Nasional 2015: 

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Daftar pemenang penghargaan Sapta Pesona Toilet Umum Bersih 2015.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com