Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarif Tol Cimanggis-Cibitung Dipatok Rp 28.109

Kompas.com - 03/10/2015, 07:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com - PT Waskita Toll Road, investor utama proyek Jalan Tol Cimanggis-Cibitung mengalokasikan dana sebesar Rp 7 triliun untuk pembangunan tol tersebut. Jumlah itu sudah termasuk biaya konstruksi jalan tol.
 
"Nilai investasi kita  Rp 7 triliun. Konstruksinya sendiri sekitar hampir Rp 4 triliun. Jumlah itu diluar infrastructure development corporation (IDC) dan eskalasi lho," jelas Herwidiakto, Direktur Utama PT Waskita Toll Road, di lokasi proyek, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Jumat (2/10/2015)
 
Ketika selesai nanti, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung diperkirakan akan memiliki Lalu Lintas Harian Rata-Rata (LHR) sebanyak 35 ribu kendaraan setiap harinya. Tarif Jalan Tol Cimanggis-Cibitung pun dipatok pada angka Rp 835 per kilometer.
 
Tarif Rp 835 per kilometer itu merupakan angka yang disepakati ketika melakukan penandatangan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) pada 2011 yang diasumsikan bahwa Jalan Tol Cimanggis-Cibitung bisa beroperasi pada 2014.
 
Berdasarkan rencana baru yang mewajibkan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung beroperasi pada 2018, maka tarif tol tersebut kemungkinan akan mengalami kenaikan.
 
"Perhitungan kasarnya, ada kenaikan tarif sekitar 14 persen setiap dua tahun," terang Herwidiakto.
 
Ridwan Aji Pitoko/Kompas.com Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau lokasi pembangunan Tol Cimanggis-Cibitung, Jumat (2/10/2015).
Dengan asumsi tersebut, maka tarif Jalan Tol Cimanggis-Cibitung akan naik sebesar 28 persen karena telah terlambat beroperasi dua tahun terhitung sejak rencana awal 2014. Tarif tol per kilometernya pun akan naik menjadi Rp 1.068 per kilometer.
 
Atas perhitungan tersebut, dengan panjang tol mencapai 26,3 kilometer, maka biaya tol golongan I untuk jarak terjauh adalah sebesar Rp 28.109.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com