Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Hari Kemerdekaan, China Operasikan Jembatan Kaca Pertama di Dunia

Kompas.com - 29/09/2015, 12:25 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

Sumber CNN

KOMPAS.com - Sebuah jembatan kaca bernama "Brave Man's Bridge" sepanjang 180 meter yang terletak di Provinsi Hunan, China, resmi dibuka. Haohan Qiao, dalam bahasa China, merupakan jembatan terbaru dalam serangkaian atraksi lantai kaca pertama di dunia.

Jembatan ini dioperasikan bertepatan dengan Golden Week, yakni pekan pariwisata. Golden Week dimulai pada 1 Oktober bersamaan dengan Hari Kemerdekaan China.

Meskipun penampilannya memancing adrenalin karena tampak mengerikan, perancangnya mengatakan jembatan di Shiniuzhai National Geological Park ini, benar-benar aman. Setiap panel kaca memiliki tebal 24 milimeter dan 25 kali lebih kuat dari kaca biasa.

Setiap panel kaca memiliki tebal 24 milimeter dan 25 kali lebih kuat dari kaca biasa.

"Jembatan yang dibangun ini akan berdiri teguh bahkan jika wisatawan melompat di atasnya," kata seorang pekerja yang terlibat pembangunan jembatan ini kepada China News Service.

Rangka baja yang digunakan untuk mendukung dan membalut jembatan kaca juga sangat kuat dan padat. Pekerja meyakinkan, bahkan jika kaca pecah, wisatawan tidak akan jatuh.

Haohan Qiao awalnya adalah jembatan kayu sebelum pengelola taman mengganti sebagian kecil dengan kaca pada tahun 2014. Pengelola pun memutuskan untuk meningkatkan sensasi dengan membenahi seluruh jembatan layang pada awal tahun ini. Jembatan gantung kaca ini menjadi yang pertama di China.

Hunan juga akan membuka jembatan kaca akhir tahun ini di daerah Zhangjiajie Grand Canyon, sekitar 300 kilometer (186 mil) barat laut dari Shiniuzhai. Ketika selesai, struktur Zhangjiajie akan menjadi jembatan kaca tertinggi dan terpanjang di dunia. Panjangnya mencapai 430 meter dan tingginya 300 meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com