Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vietnam Semakin di Depan Indonesia dan Thailand

Kompas.com - 28/09/2015, 13:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Siapa kira lima tahun lalu, investasi di Vietnam bisa dikatakan sebuah pertaruhan sama halnya dengan berjudi? Tetapi, kini, merek-merek mentereng macam Louis Vuitton, Hermes, Prada, dan merek 'jalanan' seperti Starbucks, serta merek Asia AEON, justru berkembang pesat memperebutkan kelas menengah atas di negara ini.

Vietnam terkini merupakan pasar paling berkembang di kawasan Asia Tenggara. Terlebih pasca-pelonggaran aturan investasi yang bisa dilakukan oleh perusahaan asing, pembeli asing, dan orang-orang Vietnam yang hidup di perantauan atau Viet Kieu.

"Meskipun belum jelas seberapa besar dampak perubahan peraturan tersebut, namun jelas itu merupakan langkah besar dalam arah yang benar. Sekaligus memberikan kepercayaan bagi asing untuk melakukan investasi jangka panjang tanpa khawatir tentang batasan-batasan tertentu," ujar perwakilan firma hukum Baker & McKenzie Ho Chi Minh City.

Selain masuknya merek-merek asing mewah, melejitnya Vietnam juga ditandai dengan penjualan proyek-proyek properti eksklusif dengan sasaran orang asing dan para Viet Kieu di Ho Chi Minh dan Hanoi. Tak tanggung-tanggung, ada satu proyek yang terjual sebanyak 112 unit hanya dalam waktu dua jam.

HBA/Kompas.com Nhat Tân Bridge merupakan jembatan kabel yang melintasi Sungai Merah di Hanoi, diresmikan pada tanggal 4 Januari 2015. Jembatan ini merupakan bagian dari enam jalur jalan raya baru yang menghubungkan Hanoi dan Bandara Internasional Noi Bai. Proyek ini didanai pinjaman Japan International Cooperation Agency ODA. Foto diambil pada Selasa (19/5/2015).
Demikian halnya dengan proyek-proyek yang sudah memasuki tahap konstruksi. Sebut saja Landmark 81 yang merupakan pencakar langit tertinggi di negara ini. Landmark 81 akan mengerdilkan bangunan di sekitarnya yang menjulang 470 meter saat beroperasi pada 2017 mendatang.

Pencakar langit ini akan menggenapi cakrawala kota yang sebelumnya dihiasi Bitexco Financial Tower, Vietcombank Tower dan Saigon One Tower yang seluruhnya memiliki ketinggian di atas 40 lantai.

Halaman:
Baca tentang
Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com