Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Peralatan Makan Anti-selip Khusus Penderita Alzheimer

Kompas.com - 28/09/2015, 11:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

Sumber Eat Well

KOMPAS.com - Sebagai pengasuh neneknya yang menderita penyakit Alzheimer, Sha Yao merasa frustrasi ketika mengawasinya dan secara bertahap kehilangan kemampuan untuk mengurus dirinya sendiri. Setiap kali makan, neneknya kebingungan bagaimana menggunakan peralatan dan menyebabkan neneknya makan lebih sedikit dari yang seharusnya.

Yao pun menemukan cara untuk membuat sarapan, makan siang, dan makan malam lebih mudah. Eatwell, seperangkat peralatan makan yang berjumlah 20 buah dirancang untuk membantu pasien cacat motorik atau kognitif.

"Saya memiliki ide untuk meningkatkan pengalaman makan (bagi Alzheimer), karena makan adalah bagian penting dari kehidupan sehari-hari," kata Yao.

Dasar desain peralatan makan ini adalah penelitian yang dilakukan oleh Boston University untuk membantu pengguna membedakan makanan lebih baik dengan menggunakan warna-warna cerah. Menurut penelitian tersebut, warna membantu penderita demensia mengurangi gangguan penglihatan dan mengonsumsi 24 persen lebih banyak makanan serta 84 persen lebih banyak cairan. Ternyata, desain yang sederhana dapat membuat perbedaan besar!

Secara sekilas, peralatan makan ini terlihat seperti mainan atau diperuntukkan bagi anak-anak karena berwarna-warni. Namun ternyata, setiap warnanya memiliki fungsi masing-masing. Yao memilih biru menjadi warna di dalam peralatan karena tidak ada makanan dalam warna biru. Yao juga menggunakan warna merah dan kuning untuk membantu merangsang nafsu makan.

Sudut kanan mangkuk dirancang 90 derajat untuk membantu pengguna mengumpulkan makanan ke sendok dengan lebih mudah dan juga untuk mencegah makanan dari yang sengaja meraup keluar dari mangkuk.

Desain bagian bawah piring dan mangkuk dibuat miring agar dapat membantu pengguna untuk mengumpulkan makanan di satu sisi tanpa menyendoki.

Sudut kanan mangkuk dirancang 90 derajat untuk membantu pengguna mengumpulkan makanan ke sendok dengan lebih mudah dan juga untuk mencegah makanan keluar dari mangkuk.

Sementara kedua kepala sendok dirancang sesuai dengan kelengkungan mangkuk agar pengguna mengambil makanan lebih mudah. Satu sisi sesuai dengan kelengkungan dinding sementara sisi lain cocok pada cekungan.

Kepala sendok dirancang agar sesuai dengan kelengkungan mangkuk agarr mengambil makanan lebih mudah. Satu sisi sesuai dengan kelengkungan dinding sementara sisi lain cocok pada cekungan.

Setiap produk perangkat Eatwell memiliki bahan anti-selip di bagian bawah untuk mencegah peralatan tergelincir atau tergeser. Sedangkan untuk mencegah cangkir terbalik, satu cangkir memiliki dasar karet yang bertindak sebagai stabilisator.

Satu cangkir lainnya memiliki pegangan untuk dukungan tambahan. Pegangan ini juga secara khusus dirancang untuk memudahkan pengguna yang menderita radang sendi atau encok.

Perangkat ini juga dilengkapi dengan nampan yang memungkinkan pengguna dapat menjepitkan kain ke tepi nampan. Tujuannya, membantu menangkap makanan yang jatuh dan mencegah noda pada pakaian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com