Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Tahun Lagi Tol Balikpapan-Samarinda Beroperasi

Kompas.com - 24/09/2015, 15:18 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembebasan lahan tol Balikpapan-Samarinda selesai tahun ini. Dengan begitu, pembangunan tol bisa segera dilakukan.

"Pembebasan lahan seksi V sudah 60 persen-70 persen. Tahun ini segera dibangun," ujar Menteri PUPR Basuki di Jakarta, Rabu (23/9/2015).

Basuki memerintahkan tim untuk segera bertugas ke lapangan tanpa menunggu perjanjian pinjaman dari China. Menurut dia, tidak ada teknis khusus konstruksi karena jalan tol ini jalan biasa.

Meski demikian, Basuki meminta agar China mempercepat perjanjian pinjaman. Sebelumnya, Basuki sempat memperingatkan China demikian pada penandatanganan kontrak Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Bandung.

Sementara itu, untuk tol Balikpapan-Samarinda sudah lama dilakukan studi kelayakan dalam penentuan lokasi. Khususnya, penentuan lokasi untuk menggerakkan beberapa kawasan industri di Balikpapan.

Diharapkan, kawasan industri Bontang akan berkembang dengan adanya tol tersebut dan juga jembatan Sungai Manggar sepanjang 613 meter. "Target operasi pertengahan tahun 2019 paling cepat," kata Basuki.

Tol Balikpapan-Samarinda terbagi menjadi lima seksi yakni Seksi I (KM13 Balikpapan-Samboja), Seksi II (Samboja-Palaran I), Seksi III (Samboja-Palaran II), seksi IV (Palaran-Jembatan Mahkota), serta Seksi V (KM 13 Balikpapan-Sepinggan). Proses Konstruksinya terbagi menjadi tugas tiga pihak, Seksi V menjadi tugas pemerintah pusat, Seksi I menjadi tugas pemerintah daerah dan Seksi II, III dan IV adalah yang akan ditawarkan kepada investor.

Pekerjaan pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Seksi V sepanjang 11 kilometer pada ruas KM 13 Balikpapan-Sepinggan dilaksanakan dengan APBN dan dana pinjaman pemerintah China.

Penandatangan kontrak sebelumnya dilakukan antara PPK Pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VII (BBPJN VII) dengan pihak penyedia jasa Beijing Urban Construction Group Ltd., bekerja sama dengan BUMN Wika-PP dengan nilai kontrak sebesar Rp 848,55 miliar masa pelaksanaan 730 hari kalender (2 tahun).

Adapun untuk Jembatan Sungai Manggar berada dalam ruas Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Paket I yakni pada ruas Balikpapan-Samboja

Penandatanganan kontrak dilakukan antara PPK Pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda BBPJN VII dengan penyedia jasa pada Paket Pembangunan Jembatan Sungai Manggar yaitu PT Wijaya Karya Persero Tbk., dengan nilai kontrak Rp 271,83 miliar yang bersumber dari APBN Tahun Anggaran 2015-2017 dan masa pelaksanaan 730 hari kalender (2 tahun).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com