Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setrum Belum Menyentuh Sembilan Desa di Sulsel

Kompas.com - 22/09/2015, 18:00 WIB
Nathania Hapsari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak dapat dimungkiri, di Indonesia masih banyak daerah terpencil yang belum tersentuh aliran listrik. Di wilayah Sulawesi Selatan, setidaknya terdapat sembilan desa yang membutuhkan bantuan listrik.

Desa-desa tersebut antara lain Romang Tangaya, Matteko, Benteng, Bonto Manurung, Bonto Sumba, Erelembang, Wage, Belawa, dan Inalipue. Kesembilan desa ini kemudian menjadi objek program Kampung Terang Hemat Energi Philips Lighting Indonesia.

Sebanyak 100 panel solar disumbangkan untuk sembilan desa tersebut. Jalan penghubung desa dipasangi dengan solar street lighting, dan tiap rumah warga dipasangi dengan solar home system berkapasitas 3 titik lampu.

"Tak hanya rumah dan jalan, kami juga berfokus pada fasilitas-fasilitas desa seperti masjid, balai desa, balai kesehatan, dan sekolah. Tahun depan program ini akan dilanjutkan ke Kalimantan dan Sumatera," jelas Kepala Komunikasi Pemasaran Philips Lighting Indonesia Astrid Ramli, di Jakarta, Selasa (22/9/2015).

Satu solar home system dapat menampung daya sebesar 25 watt yang mampu menerangi rumah selama 13 jam. Sedangkan satu solar street lighting dapat menampung daya sebesar 80 watt untuk menerangi jalan desa selama 8 jam hingga 3 hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com