Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Depan, Haier Produksi Kulkas Aqua Satu Juta Unit

Kompas.com - 22/09/2015, 17:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen peralatan rumah tangga elektronik, Haier Asia Company Ltd resmi mengganti produk Sanyo menjadi Aqua. Mulai hari ini, pabrik Haier yang terletak di Cikarang, memproduksi lemari es atau kulkas dengan merek baru tersebut.

"Sekarang kapasitasnya 850 ribu unit. Targetnya tahun depan 1 juta unit," ujar Direktur PT Haier Asia Company Ltd. Indonesia Shinichi Nakase, di Jakarta, Selasa (22/9/2015).

Nakase menuturkan, dari jumlah tersebut, sebanyak 65 persen lemari es dialokasikan untuk pasar dalam negeri. Sementara sisanya diekspor ke luar Indonesia antara lain ke Malaysia, Thailand, Jepang, dan bahkan ke Nigeria.

Dari sisi bahan baku lemari es, sebanyak 15 persen diimpor dari luar Indonesia. Saat ini, Haier tengah menganalisa agar bisa memproduksi bahan baku di dalam negeri. Menurut Nakase, tidak mudah menciptakan 15 persen bahan baku lemari es ini di Indonesia, karena Haier tidak pernah membuat bahan baku tersebut.

Sedangkan untuk peralatan rumah tangga elektronik lainnya, yakni mesin cuci, pendingin ruangan, dan televisi, diproduksi dan diimpor dari China dan Thailand.

Menurut Excecutive General Manager Fajar Surya, produk Aqua di Indonesia yang menjadi andalan adalah lemari es dan mesin cuci. Komposisinya 45-50 persen untuk lemari es, 30 persen mesin cuci, dan sisanya televisi dan pendingin ruangan.

Dari komposisi tersebut, penjualan lemari es sebanyak 50.000 unit-70.000 unit dan mesin cuci kurang dari 50.000 unit. Harganya berkisar antara Rp 2 juta sampai Rp 4,5 juta per unit untuk lemari es, Rp 2 juta-Rp 3 juta per unit untuk mesin cuci, Rp 3,5 juta sampai RP 6 juta per unit untuk pendingin ruangan, dan Rp 3,5 juta-Rp 6 juta per unit untuk televisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com